Analisis Minat Bakat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul

Girlta Ramadan Suci, Arif Rahman, Syahrul Ramadhon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat bakat peserta didik melalui keikutsertaan dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Kegiatan ekstrakurikuler berperan penting dalam pengembangan peserta didik diluar jam sekolah, membantu mereka menemukan potensi individu, serta membentuk karakter dan keterampilan yang saling melengkapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami hubungan jenis kegiatan ekstrakurikuler dengan minat dan bakat siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap siswa terpilih dan pengelola kegiatan ekstrakurikuler. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antar jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih peserta didik dengan minat dan bakatnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik cenderung memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Misalnya, peserta didik yang tertarik pada bidang olahraga lebih cenderung bergabung dengan klub olahraga.

Keywords


Minat, Bakat, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Astari, A. (2017). Minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah menengah atas negeri 2 playen kabupaten gunungkidul.

Marwansyah & Hidayat, A. W. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidz Qur’an Juz 30 Dengan Aktivitas Belajar Siswa. Madaniyah, 9(2), 242–243.

Rahman, A. (2015). Esai-esai Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Diandra.

Rahman, A. (2016, October). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 75-88.

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Sutisna, O. (2019). Landasan Teori Kegiatan Ekstrakurikuler. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Микрюков, В. (2015). minat dan bakat. Независимое Военное Обозрение, 16.1.2015, 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.