Penerapan Metode Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Matematika di SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Miftahul Jannah Nur Isnaeni, Rusmining Rusmining, Nurrahmat Wahid Jamaluddien

Abstract


Hubungan yang erat antara proses pembelajaran dan metode yang diterapkan di dalam kelas sangatlah penting. Pemilihan metode pembelajaran yang efektif dapat memberikan kontribusi positif terhadap tingkat partisipasi siswa dalam pengajaran. Riset ini memiliki tujuan untuk menggambarkan pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok dalam pembelajaran Matematika di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Peserta riset melibatkan peserta didik dari kelas X PPLG, XI Bismen, dan XII MM di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini berfokus pada pendekatan kualitatif deskriptif. Inventarisir data dilangsungkan dengan pendekatan observasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang penerapan Metode Diskusi Kelompok pada pengajaran matematika. Determinasi riset ini menunjukan bahwa pendekatan/metode diskusi kelompok telah dijalankan dengan baik selama proses pembelajaran. Namun, terdapat variasi dalam sikap dan perilaku siswa pada tiap kelas. Karenanya, kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa penerapan Metode Diskusi Kelompok dianggap sesuai dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.



Keywords


Penerapan, Metode Diskusi Kelompok, Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Fernandez, N. U., Studi, P., & Agama, P. (2023). Efektivitas metode diskusi pak untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas v sdn lebao tanjung. 4(1).

Irwan, Hasbi, & Rosdiana. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. 1(1), 43–54.

Lubis, Z. (2018). Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora Vol. 4 No. 2, Juni 2018 |241. 4(2), 241–250.

Nengah, K. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Jurnal IKA, 16(1), 1–11.

Putriyanti, C. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica, Bekasi Timur. Psibernetika, 10(2), 114–122. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v10i2.1047

Siahaan, M. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Viii-1 Smp Negeri 1 Patumbak. Js (Jurnal Sekolah), 3(3), 348. https://doi.org/10.24114/js.v3i3.17875

Tamam, M. B. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/932mn

Worldtop20.org (2023). International Education Database

https://worldtop20.org/education-database/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.