Penanaman Nilai Moral pada Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Melalui Tadarus

Hazam Zakaria Al-Fathuri, Hanif Cahyo, Moderati Azizah

Abstract


Zaman yang terus berkembang menyebabkan lunturnya akhlak dan moralitas sebab pergaulan yang kian leluasa dan bebas. Oleh sebab itu pendidikan akhlak harus terus digalakkan utamanya pada generasi muda yang masih dalam usia menengah atau masa remaja. Perlu diketahui bahwasanya tujuan utama pendidikan dilaksanakan ialah salah satunya untuk mewujudkan generasi anak didik yang berakhlak baik serta bermoral luhur di kehidupan kesehariannya. Urgensi penanaman nilai akhlak dan moral bagi anak didik di sekolah diantaranya adalah sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sebagai hamba tuhan dan juga khalifah fil ard, sehingga dengan demikian anak didik memiliki pengetahuan serta pengalaman yang berguna untuk jenjang atau tingkat pendidikan selanjutnya.  Adapun penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Kab. Sleman Yogyakarta dalam menanamkan nilai moral serta akhlak pada anak didik berusia remaja melalui strategi atau metode cerita bergambar, metode ini digunakan sebab memiliki efisiensi dan efektivitas bagi anak didik sehingga mudah dipahami maupun dipraktikan. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan bantuan dari guru kelas. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menampilkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan usaha penanaman nilai akhlak dan moral di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Kab. Sleman Yogyakarta terstruktur dan terlaksana sebagaimana yang diharapkan yakni baik.

Keywords


Moral, Nilai Agama, Karakter

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2019). Urgensi penanaman akhlak di tengah maraknya kasus kenakalan remaja. Research and development journal of education, 2, (5), 51-65.

Anggreni. (2019). Relevansi pembelajaran matematika dengan nilai-nilai al-qur'an dalam membentuk karakter siswa pada materi pecahan. Jurnal ilmiah pendidikan matematika al-qalasadi, 1, (3), 10-18.

Assingkily. (2020). Urgensitas pendidikan akhlak bagi anak usia dasar (studi era darurat covid-19). Jurnal tazkiya, 2, (9), 92-107.

Astutik. (2013). Strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto. Kajian moral dan kewarganegaraan, 1, (2), 317-331.

darojah, S. (2006). Metode penanaman akhlak dalam pembentukan perilaku siswa MTs N Ngawen Gunungkidul. Jurnal pendidikan Madrasah, 1 (2), 233-243.

Harmanto. (2013). Strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto. Kajian moral dan kewarganegaraan, 1, (2), 317-331.

Hasanah. (2021). Solusi pendidikan agama islam mengatasi kenakalan remaja pada keluarga broken home. Jurnal pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, 1, (4), 40-48.

Ma'arif. (2021). Solusi pendidikan agama islam mengatasi kenakalan remaja pada keluarga broken home. Jurnal pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah, 1, (4), 40-48.

Naja. (2022). Penanaman pendidikan karakter melalui pembiasaan religius di SMK terpadu khoirot kandat kediri. Jurnal koulutus: jurnal pendidikan kahuripan, 1, (5), 23-40.

Naja. (2022). Penanaman pendidikan karakter melalui pembiasaan religius di SMK terpadu khoirot kandat Kediri. Journal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 1, (5), 23-40.

Naja. (2022). Penanaman pendidikan karakter melalui pembiasaan religius di SMK terpadu Khoirot Kandat Kediri. Jurnal pendidikan kahuripan, 1, (5), 23-40.

Pohon. (2021). Urgensi penyaluran bakat anak-remaja dalam menghafal al-qur'an di Desa Jati Kesuma. Jurnal pengabdian masyarakat, 3, (2), 151-164.

Risnawati. (2021). Pentingnya penanaman nilai-nilai agama pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif al-qur'an. Jurnal pendidikan anak usia dini, 1, (6), 2-16.

s. (n.d.).

Sari. (2017). Pendidikan karakter berbasis Al-Qur'an. Jurnal islamic counseling, 1, (1), 1-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.