Minat Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Di Smp Muhammadiyah Bantul

Rini Setyaningrum, Rusmining Rusmining, Rifatul Hidayah

Abstract


Riset ini bertujuan untuk menggambarkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah Bantul. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang bersekolah di SMP Muhammadiyah Bantul. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup observasi di dalam kelas, wawancara mendalam dengan guru dan siswa SMP Muhammadiyah Bantul, serta pengumpulan data dokumentasi. Hasil observasi terhadap minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah Bantul menunjukkan bahwa masih terdapat sejumlah siswa yang kurang antusias terhadap mata pelajaran matematika. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menerapkan triangulasi data dan sumber informasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis interaktif yang melibatkan empat tahap utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.



Keywords


Minat belajar, Matematika, Observasi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. ( 2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, Dan Remediasinya. In Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, Dan Remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2009). Jurus-jurus Belajar Efektif Untuk SMP dan SMA. Yogyakarta: DIVA Press.

Efendi, I. (2022). Profil Minat Belajar Matematika Siswa SMAS Dharma Bhakti Mandau.

Gie, T. L. (2004). Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gajah Mada Pers.

Marleni, L. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR.

Rahayu, N. (2015). Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. In Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana .

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, D. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.