Tantangan Dan Hambatan Bagi Siswa Dalam Mempelajari SPLDV di SMP Muhammadiyah Sewon Bantul

Riyandi Ramadana, Fariz Setyawan, Kurnia Dewi Saputri

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala dihadapi peserta didik pada penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) serta agar mengungkap aspek-aspek yang mempengaruhi kendala tersebut di kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Bantul. Riset ini spesifik memfungsikan pendekatan deskriptif kualitatif dengan responden tiga siswa dari total 29 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon Bantul sebagai subjek penelitian. Data yang dihimpun dengan sejumlah teknik, seperti: langsung mengajar siswa, melakukan tes, dan melakukan wawancara. Peran yang terlibat dalam penelitian ini mencakup peneliti, siswa, dan dokumentasi. Analisa dilangsungkan pada cara menyampaikan materi langsung kepada siswa, memberikan soal selama proses pembelajaran, serta menyusun simpulan. Determinasi riset menyebutkan bahwa peserta didik terbukti terkendala pada beberapa aspek, seperti pemahaman konsep pembelajaran, prinsip pembelajaran, dan penyelesaian masalah verbal. Beberapa faktor yang berkontribusi pada kesulitan siswa meliputi kecenderungan siswa untuk terburu-buru dalam menyelesaikan soal, rasa malu untuk menanyakan terkait materi yang kurang pemahaman, kurangnya catatan yang lengkap oleh siswa, ketidakaktifan belajar siswa, kesalahan dalam mengerjakan soal, ketidakpahaman siswa, kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan soal, ketidakpahaman instruksi pada soal, dan ketidakpahaman siswa terhadap konten yang ditanyakan dalam soal. 



Keywords


SPLDV, Pembelajaran, Tantangan

Full Text:

PDF

References


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.67-78

Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smpn 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut Tahun Pelajaran 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838

Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi barisan dan deret. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 2(2), 78–88

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal Spldv. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Lampung, 1, 595– 606.

Khasanah, U., & Sutaman. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Publikasi Ilmiah, 1–13

Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Moreno, L. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1401–1428

Nugroho, R. A., & Sutarni, S. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Pemecahan Masalah Polya. Electronic Thesis and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.