Optimalisasi Nilai Keislaman dalam Pengembangan Karakter yang Beriman dan Berbudaya di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul

Isna Maulida Jayanti, Arif Rahman, Syahrul Ramadhon

Abstract


Optimalisasi nilai keislaman guna mengembangkan karakter yang beriman dan berbudaya di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul adalah dengan pembiasaan sehari-hari dengan menerapkan visi, misi, dan kultur sekolah yang menjunjung nilai-nilai Islami. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui dan memahami solusi yang tepat diterapkan di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul dan memantau keberlanjutan dari penerapan nilai keislaman dalam mengembangkan karakter yang beriman dan berbudaya. Metode yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian adalah dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa “Buku Komunikasi dan Mutabaah Yaumiyah” adalah media yang digunakan oleh guru dan orang tua dalam memantau perkembangan karakter siswa yang beriman dan berbudaya siswa selama di sekolah.

Keywords


Nilai, Karakter, Beriman, Budaya

Full Text:

PDF

References


https://www.gramedia.com/. (2023). Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan, Jenis, dan Prosedurnya. Diakses pada 22 Agustus 2023, dari https://www.gramedia.com/literasi/penelitian-kualitatif/

Hudah, Nur. (2019). Penanaman Nilai-nilai Islam dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 12(2), 113-129.

Negara, Gede Agus Jaya. (2021). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Upaya Optimalisasi Perkuliahan. Bali: Mertajati Widya Mandala Publisher.

Maryamah, Eva. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. TARBAWI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 86-96.

Rahman, A. (2015). Esai-esai Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Diandra.

Rahman, A. (2016). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 75-88.

Rahmawati, H. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Jurnal Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Supardi. (2015). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.