Peran Guru Ismuba dalam Membina Etika Siswa di SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Kaisyatur Rofiqoh, Sutipyo Rui'ya, Inas Kalimatu Nuha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru ISMUBA dalam membina etika siswa. penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru ISMUBA dan pengamatan langsung di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru ISMUBA sangat signifikan dalam membentuk etika siswa di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini memberikan wawasan tentang 1. pentingnya peran guru ISMUBA dalam membina etika siswa, 2. Bagaimana pendekatan yang dilakukan guru ISMUBA dalam menerapkan nilai-nilai etika dalam pembelajaran dan interaksi sehari-hari? 3. Tantangan yang dihadapi guru dalam menjalankan tugasnya untuk membina etika siswa? Guru ISMUBA berfungsi sebagai pengajar agama dan akhlak, memberikan teladan perilaku islami, mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam pembelajaran, dan membimbing siswa dalam pengembangan karakter islami. Para guru juga secara aktif terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pembinaan keagamaan yang memberikan peluang kepada siswa untuk mengamalkan etika dalam praktek

Keywords


Peran Guru Ismuba, Etika Siswa, SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Full Text:

PDF

References


Aliffirlianda, G. K. (2021). PEMBINAAN ETIKA SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. SKRIPSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH, 7.

AISYAH, N. (2020). PERAN GURU PAI DALAM MEMBINA ETIKA BERPAKAIAN. SKRIPSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN, 2.

D. A. (2023). THE ROLE OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHER IN INSTRUCTING STUDENTS'. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 172.

Jamilah, A. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS. SKRIPSI, 1-2.

Kuswanto, E. (2014). Peranan Guru PAI dalam Pendidikan Akhlak di sekolah. jurnal kajian pendidikan islam, 198.

Muhammadiyah, M. P. (2017). K U R I K U L U M PENDIDIKAN AL-ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN DAN BAHASA ARAB (ISMUBA). 41.

Parnawi, A. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 168.

Parnawi, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai. Journal on Education, 9625.

Putra, H. M. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 98.

Ridho, D. A. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MORAL DAN ETIKA. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 173.

Ridho, D. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perbaikan Moral dan Etika. Journal on Education, 9581.

Ru’iya, S. (2022). Upaya Pembentukan Karakter Siswa Islami Melalui Pembiasaan. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1896.

Ru'iya, S. (2021). KEDISIPLINAN SHALAT SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SLEMAN DITINJAU DARI PENGARUH PENGGUNAAN GADGET. TARBIYATUN: Kajian Pendidikan Islam, 32.

Tas’adi, R. (2014). PENTINGNYA ETIKA DALAM PENDIDIKAN. Ta’dib, Volume 17, No. 2, 192.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.