Motivasi Guru PAI Dalam Membangun Minat Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Mlati

Khusnul Ibrahim Izsach, Yusron Masduki, Denny Indrayani

Abstract


Motivasi memiliki sifat yang begitu relatif, terkadang timbul secara tiba-tiba dan terkadang hilang secara tiba-tiba. Untuk memudahkan pencapaian belajar maka dibutuhkan dalam proses belajar yaitu peran motivasi belajar, peran ini bisa berasal dari faktor eksteren. Didalam alquran terdapat surah ar-ra'd ayat 11 yang memiliki makna berhubungan dengan motivasi memperbaiki diri dan dijelaskan bahwa untuk merubah keadaan maka manusia harus berproses sendiri dengan usaha yang maksimal agar dapat memperbaiki nasib dalam kehidupannya dan pada dasarnya manusia sendiri memiliki kekuatan jiwa dan mental yang dapat menjadi penggerak dalam hidupnya. Dalam proses belajar, siswa masing-masing memiliki kekuatan mental sebagai penggerak dalam kegiatan belajarnya. Kekuatan tersebut contohnya adalah kemauan dan perhatian serta tujuan yang sering kali disebut dengan motivasi belajar. Motivasi yang dimiliki oleh seorang siswa memiliki hubungan yang erat dalam keterlibatan proses pembelajaran. Selain itu motivasi memiliki peran yang sangat utama dalam proses kegiatan pembelajaran dan pencapaian atau hasil pembelajaran siswa. Motivasi belajar juga sangat penting agar terbentuknya proses pembelajaran yang efektif. Motivasi juga berpengaruh pada karakteristik siswa, jika memiliki motivasi yang tinggi maka karakteristik siswa tersebut akan menjadi rajin dalam proses pembelajaran.

Keywords


Motivasi Guru, Minat Belajar, Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


-, S., & -, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89

Arsyad, Bagja Sulfemi, W., & Fajartriani, T. (2020). Strengthening of Student Motivation and Character Through the Learning Approach To Contextual Lessons of Islamic Education. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204.

Hadi, S. (2022). Peranan Guru PAI Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Islami Melalui Pembiasaan Pada Siswa SMP Negeri 10 Mukomuko - Bengkulu. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 11(1), 81–96. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v11i1.309

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03 Jombang. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 75–86. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna%0APERAN

Muhammad Fahri, N. M. S. (2019). Staregi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Smp Negeri 14 Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 537–542. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v4i2.335

Mushthofa, A., Muhammad Amin Khizbullah, & Reza Aditya Ramadhani. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.81

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857

Sobron, A. N., Titik, S., & Meidawati, S. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Sdn Tambahmulyo 1. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.

Wardiana, W., & Asroyani, A. (2022). Pengaruh Motivasi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Yadinu Pancor Kopong Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 1140–1147. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2950

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.