Penanaman Nilai Nilai Religius dengan Pembiasaan Sholat Duha di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Lutfi Wahyu Utami, Arif Rahman, Menik Lestrai

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro untuk menanamkan nilai nilai religiusitas kepada peserta didik Sehingga dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian  kualitatif deskriptif dimana penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro,data yang didapatkan diperoleh dengan melakukan observasi,wawancara serta dokumentasi.Hasil dari penelitian ini yakni bahwasanya upaya yang dilakukan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro  untuk menanamkan nilai nilai religiusitas  kepada peserta didik, dengan diadakan pembiasaan shalat dhuha,  dampak Positif  dari pembiasaan shalat dhuha ini  yakni  sedikit   demi sedikit dalam diri peserta didik sudah   tertanam nilai nilai religiusitas hal ini dibuktikan dengan   beberapa peserta didik sudah mempunyai kesadaran untuk melaksanakan  ibadah dan sudah mulai terbiasa untuk mengerjakan sholat sunah dan wajib. Akan tetapi di dalam pelaksanaan shalat dhuha ini masih terdapat kendala yaitu untuk pengkondisian  peserta didik membutuhkan waktu yang lama serta dalam pelaksanaanya membutuhkan tempat yang luas.Adapun solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni hendaknya pelaksanaan shalat dhuha dilaksanakan secara bergiliran.

Keywords


Riligiusitas, Peserta Didik, Sholat Dhuha

Full Text:

PDF

References


El-Sutha, S. H. (2016). SHALAT SAMUDRA HIKMAH (Z. Muhlisin (ed.)). KAWAH MEDIA.

Herawati, I. (2005). Sholat Dan Kesehatan. Suhuf, XVII (2), 147–155. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/876

Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong. El Midad, 12(1), 70–87. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.2506

Mustofa, A., & Ghofur, A. (2022). Konsepsi Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al-Qur’an dalam Peningkatan Akhlak. Tasyri`: Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 29(01), 1–10. https://doi.org/10.52166/tasyri.v29i01.155

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Purnomosidi, F. (2022). Sholat Dhuha Sebagai Media Dakwahpada Tenaga Pendidikdi Universitas Sahid Surakarta. Talenta Psikologi, 11(1), 5.

Rahman, A. (2015). Esai-esai Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Diandra.

Rahman, A. (2016, October). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 75-88.

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Saverus. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA Oleh. Jurnal Buana Pengabdian, 1. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882


Refbacks

  • There are currently no refbacks.