Motivasi Siswa Baru Masuk Sekolah Di Smk Muhammadiyah Cangkringan Sleman

Ajeng Kurniawati, Yusron Masduki, Aditya Nur Taufiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membedah variabel-variabel persuasif yang mempengaruhi siswa dalam memilih sekolah menegah kejuruan (SMK) sebagai jenjang pendidikan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan koesioner yang dibagikan kepada siswa-siswa diberbagai SMK di wilayah tertentu. Informasi yang diperoleh diperiksa secara ekspresif dan terukur. Konsekuensi dari tinjauan tersebut menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut  menjadikan motifasi siswa dalam memilih SMK. Pertama, Faktor    minat dan bakat menjadi salah satu faktor penting, di mana siswa memilih SMK yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Kedua, faktor peluang kerja dan karir juga memiliki pengaruh besar, karena siswa melihat SMK sebagai langkah awal untuk mempersilahkan diri dalam dunia kerja. Selain itu, Faktor  lingkungan sosial dan pengaruh orang tua juga memainkan peran penting dalam motivasi siswa. Dorongan dari keluarga dan teman- teman dapat mempengaruhi keputusan siswa dalam memilih SMK. Faktor-faktor seperti fasilitas sekolah, reputasi SMK, dan program kegiatan ekstrakulikuler juga turut mempengaruhi motivasi pemain pengganti. Akhir dari penelitian ini adalah inspirasi itu siswa dalam memilih SMK dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk minat, bakat peluang karir, lingkungan sosial, dan pengaruh orang tua. Konsekuensi dari penelitian ini dapat memberikan pandangan yang lebih jelas kepada pihak-pihak terkait, seperti sekolah dan orang tua, dalam mengarahkan siswa memilih SMK berdasarkan faktor-faktor yang relevan.


Keywords


Motivasi siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa,

Full Text:

PDF

References


Afniola, S., Ruslana, & Artika, W. (2020). Intelegensi Dan Bakat Pada Prestasi Siswa. Artikel , 4.

Cahyadi, N. (2019). Pelaksanaan Dan Pemenuhan Hak Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas Mental Berdasarkan Pasal 10 Undang- Undang Nomor 8 Tahun 2016. Artikel , 50.

Desriandi, R., & Suhaili, N. (2021). Pengaruh Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. Artikel , 107.

Devisanti, N., & Muti'ah, T. (2014). Hubungan Antara Minat Dengan Motivasi Memilih Sekolah Pada Siswa Smp Negeri 1 Krayan Kalimantan Timur. Jurnal Artikel, 48.

Dharmayanti, W. (2014). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Siswa Smp Masuk Smk Di Kota Pontianak. Jurnal Artikel, 409.

Dwi Utami, Y., & Hudaniah. (2013). Self Efficacydengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Artikel, 41.

Fauzi, R. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Kota Sukabumi . Artikel , 68.

Handayani, R. A. (2017). Analisis Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisika. Artikel , 322.

Khadifa, A., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Artikel, 5.

Kharisma, N., & Latifa, L. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa . Jurnal Artikel, 840.

Lukita, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Artikel , 148.

Ricardo, & Meilani, R. (2017). Impak Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Artikel, 191.

Sadirman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar / Sardiman A.M. Jakarta: Rajawali.

Sulistiana, M. (2009). Pengembangan Potensi Diri. Artikel , 13.

Tryana, M. (2021, Maret 22). Inovasi Dalam Meningkatkan Minat Siswa Masuk Ke Sekolah Menengah Kejuruan (Smk). Artikel, P. 1.

Uswatun, K., & Prasetyaningtyas, W. (2022). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Terhadap Keaktifan Belajar. Fashion And Fashion Education Journal , 16.

Wulandari, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren As-Salam Naga. Artikel , 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.