Implementasi Profil Pelajar Pancasila Bergotong Royong dan Kreatif Pada Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA

Frida Nurhidayah, Ratna Prihatiningsih, M. Ardi Kurniawan, Unik Pitaremi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila bergotong royong dan kreatif pada peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan langsung yang digambarkan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan. Kegiatan observasi dilakukan dalam pembelajaran materi teks anekdot di kelas XE1 dan XE3 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila bergotong royong dan kreatif pada peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks anekdot telah dilaksanakan dengan baik. Peserta didik mampu melaksanakan dimensi bergotong royong dan kreatif yang ditunjukkan dalam kegiatan membuat komik strip dan mind mipping.

Keywords


Bergotong Royong, Kreatif, Teks Anekdot

Full Text:

PDF

References


Asiati, S. & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, Vol 19(2), 61-72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78

Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol 8(1b), 1001-1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, Vol 2(4), 553-559.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka, Jakarta.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3 (1), 20-28.

Muliya, M. (2022). Penerapan Media Quizizz Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Busana 2. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3 (1).

Mulyati, S. & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 64-73.

Musdolifah, A., Maulida, N., & Yankiapoli, Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 16(1), 195-214. http://dx.doi.org/10.30651/st.v16i1.15700

Nurfaizah, AP. & Said, A. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6 (2), 375-382.

Nurjannah, F., & Faznur, L.S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brainstroming dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Berbantuan Media Quizizz. Metafora: Jurnal Pembelajaram Bahasa dan Sastra, 9 (1), 45-51.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI Di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 2 (2), 269-279.

Redana, D. N. & Suprapta, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Singaraja. Locus Majalah Ilmiah Fisip, Vol 15(1), 77-87. https://doi.org/10.37637/locus.v15i1.1239

Regina, F. S. & Sastromiharjo, A. (2023). Peran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Vol 13(2), 334-348.

Rismawati, M., Khairiati, E., & Khatulistiwa, S. P. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203-212.

Rosiyanti, H., Widiyasari, R. Adriansyah, A. F., & Istiqomah, S. (2020). Pengaruh Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Labschool FIP UMJ. Prosiding Semnaslit LPPM UMJ.

Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII Di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Bapala, 7 (3), 1-8.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutikno, Y. (2019). Pentingnya Penilaian Formatif Dosen Terhadap Mahasiswa Pendidikan Keagamaan Buddha. Jurnal Pencerahan, 12 (1), 45-53.

Wiguna & Tristaningrat. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 3(1), 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Makalah: Universitas Muhammadiyah.

Zamidar, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.