Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII Dan VIII SMP Muhammadiyah 1 Gamping

Jihan Rifati Hanifah, Vickri Nur Fadillah, Sudaryanto Sudaryanto, Erna Nurhayati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak diterapkannya kurikulum merdeka belajar pada prestasi peserta didik Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengkaji pada hasil akhir pembelajaran murid kelas VIII dan VIII Matateri Bahasa Indonesia dengan jumlah 31 peserta didik yang dipilih sevara purposive sampling. Selain itu, metode pengumpulan data juga dilakukan dengan wawancara, dan observasi. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan mendalam sehingga mengetahui hasil penelitian bahwa diterapankannya kurikum merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1 Gamping dilihat mengalami peningkatan senilai 10 poin yang dapat dilihat dengan kenaikan rata rata hasil belajar.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Kelas VII , Pembelajaran Bahasa Indonesia, SMP Muhammadiyah 1 Gamping

Full Text:

PDF

References


Abidin. (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Ainia, Dela Khoirul. 2020. Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat I Indonesia.Vol.3 No. 3.

Alhamuddin. (2019). Politok Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Zaman Kemerdekaan hingga Reformasi (1947-2013). Prenadamedia Grup.

Ali, Muhammad. (2020). Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (BASASTRA) Di Sekolah. Jurnal PAUD, 3 (1).

Angga dkk. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. jurnal Basicedu, 6 ( 4).

Bedjo, Siswanto. (2000). Manajemen Tenaga Terja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional.Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Arif. 2017. “Membangun Generasi Berkarakter melalui Pembelajaran Inovatif” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia. Mataram: Aula Handayani IKIP Mataram.

Nugraha, Tono Supiatna. 2022. Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI. Vol. 19 No. 2.

Purnomo, B. H. (2011). Metodedan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroomaction research). Jurnal Pengembangan Pendidikan, 8(1), 210251.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.