Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Teks Pidato Persuasif di Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Godean

Indah Sri Wahyuni, Febi Kusdiana Sri, Fetri Merawati, Tri Wahyu

Abstract


Artikel penelitian ini mengkaji implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran teks pidato persuasif di Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Godean. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan siswa dalam menyusun dan menyampaikan pidato persuasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning memiliki dampak positif yang signifikan pada kemampuan berbicara siswa, kemampuan merancang argumen persuasif yang kuat, tingkat kepercayaan diri dalam presentasi pidato, dan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil ini menggarisbawahi relevansi dan efektivitas model Discovery Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di SMP serta memberikan panduan bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif.

Keywords


Discovery Learning, Kemampuan Berbicara, Kepercayaan Diri, Motivasi Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks Pidato Persuasif,

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Pemahaman Konsep Pidato Peserta Didik Kelas Iii Mi Madani Alauddin Pao-Pao. Bmc Public Health, 5(1).

Arifin, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Teks Pidato Persuasif Melalui Model Discovery Learning Teknik Role Play Pada Siswa Kelas Ix-A Smp Negeri 1 Dampit Kabupaten …. Warta Pendidikan| E-Journal.

Cahyaningsih, E., Gallant, K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3 (1), 1-7.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitaif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hajrah., Muh. Nasir., Olahairullah. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Leaning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Soromadi. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 5 (4), 1113-1118.

Iskandar., Nehru., & Cicyn, R. (2021). Metode Penelitian Campuran: Konsep, Prosedur dan Contoh Penerapan. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan Dan Kelemahan. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3).

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3).

Mutiadi, A. D., & Patimah, I. (2016). Analisis Kesalahan Morfologis Dan Sintaksis Pada Pidato Presiden Joko Widodo Periode Januari 2015. Jurnal Fon, 3(1).

Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning Di Smp. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1).

S.Pd, N. A. (2022). The Upaya Peningkatan Hasil Belajar Berpidato Persuasif Melalui Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas Ix B Mts Miftahul Huda Jleper Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 6(2). Https://Doi.Org/10.37730/Edutrained.V6i2.186

Usman, M., I, I. N., Utaya, S., & Kuswandi, D. (2022). The Influence Of Jigsaw Learning Model And Discovery Learning On Learning Discipline And Learning Outcomes. Pegem Egitim Ve Ogretim Dergisi, 12(2). Https://Doi.Org/10.47750/Pegegog.12.02.17

Winarni, E. W., Hambali, D., & Purwandari, E. P. (2020). Analysis Of Language And Scientific Literacy Skills For 4th Grade Elementary School Students Through Discovery Learning And Ict Media. International Journal Of Instruction, 13(2). Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2020.13215a.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.