Membangun Karakter Melalui Ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta

Ade Husni Laelati Noe, Ella Zulva Diningrum, Dedi Wijayanti, Mita Septiana

Abstract


Pendidikan karakter pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan kepribadian yang positif. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini melibatkan teknik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi alamiah. Penelitian kualitatif tidak hanya berfokus pada deskripsi data, tetapi deskripsi tersebut merupakan hasil dari pengumpulan data yang dilakukan secara langsung. SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta ini sudah menerapkan pendidikan karakter dalam siswanya. Misalnya dalam kebiasaan sapa pagi, setiap siswa yang baru datang akan disambut dengan guru dan siswa harus saling menyapa serta mencium tangan bagi yang sesama muhrim. Sebagai upaya untuk memperkenalkan nilai-nilai kepada siswa melalui inovasi. SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta juga melangsungkan kegiatan ekstrakurikuler berfungsi sebagai alat untuk membentuk karakter melalui pendidikan. Diterapkan di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta yaitu Tapak Suci (TS) dan Hizbul Wathon (HW). Pembentukan karakter siswa melalui ekstrakurikuler tari berjalan dengan cukup baik, meskipun belum mencapai tingkat optimal. Pelatih mampu membangun karakter siswa melalui medium tari yang diberikan kepada mereka. Tetapi tidak semua aspek karakter dapat diajarkan sepenuhnya karena terdapat beberapa hambatan dalam proses pembelajaran. Beberapa nilai karakter yang ditanamkan pada siswa meliputi kerja sama, kepedulian, empati, integritas, kedisiplinan, dan tanggung jawab.

Keywords


Ekstrakurikuler, Karakter, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183-196.

Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran ekstrakurikuler tari untuk penanaman karakter bagi siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 3(1).

Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201-210.

Lestari, P. (2016). Membangun karakter siswa melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan hidden curriculum di sd budi mulia dua pandeansari yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71-96.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 193-208.

Syamsuri, A. S., & Nawir, M. (2016). Tapak Suci dan Karakter Siswa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2)..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.