Media Quizizz dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Nur Khofifah, Neissaroh Al Mardhiah, Wachid Eko Purwanto, Ely Herjanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan minat siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Yogykarta saat mengimplementasikan Quizizz sebagai media pelaksanaan kuis. Hasil penelitian ini menunjukkan minat belajar siswa yang terlihat berbeda saat penugasan menggunakan manual dengan menggunakan Quizizz. Siswa terlihat senang dan tertarik saat penugasan dilakukan menggunakan Quizizz. Quizizz menjadi media kuis yang menyenangkan dilihat melalui segi waktu yang hemat, fitur yang menarik, sederhana namun pasti, lebih fokus dan tertib. Kelemahan dalam media pembelajar tentu sangat wajar, sehingga guru harus bisa mewaspadai dengan membentuk strategi yang dapat disusun menggunakan fitur yang ada di dalam Quizizz.

Keywords


Media Quizizz, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, V. A., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Flip PDF Coorporate pada Materi Media Komunikasi Kehumasan Kelas XI OTKP 2 di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2219–2232. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf.

Aprillia, M., Subagio, P. R., Pembayun, S., & Aeni, A. N. (2023). Penggunaan Video Animasi Powtoon Untuk Menteladani SHATAFAT (sidiq, amanah, tabligh, fathonah) Bagi Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 3(4), 141-149. https://doi.org/10.52436/1.jpti.282.

Kurniati, L. (2021). Penggunaan Kelas Kata Pada Struktur Teks Cerita Fabel “Kupu-Kupu Berhati Mulia” Karya Adithia Pratama (Sebuah Tinjauan Morfologi). Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Unpam, 1(2), 21–30.

Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR: MAHESA Reseanch Center, 1, 125–134. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180.

Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022, December). Assessment For Learning (AFL) Melalui Aplikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Biologi Sekolah Menengah oleh Mahasiswa Calon Guru Biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 19, No. 1, pp. 216-222).

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Noprianti, D., & Fujiastuti, A. (2021). Media Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Berbasis Komik. FKIP e-Proceeding, 18-38.

Oktari, S. T., & Desyandri, D. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 726-730. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11024.

Ramadhani, A. A., & Yunus, A. F. (2021). Pengembangan model pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis media webtoon. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 46-51. 10.26858/indonesia.v2i1.19293.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukenti, D., Jamilin Tinambunan, Muhammad Mukhlis, & Erlina. (2021). Studi Fenomenologi: Penilaian Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Geram, 9(2), 117–128. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7754.

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 47-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.