Penggunaan Media WordWall sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Alya Rahayu Pratiwi, Widiatantri Laily Ikrimah, Rahma Nurul Izza Putri Sriyana, Hermanto Hermanto, Septi Eka Daryanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah dalam proses pembelajaran yang menyebabkan turunnya minat belajar serta prestasi peserta didik yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran WordWall. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berupa kalimat dengan penulisan data secara fakta di lapangan. Subjek penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 6 Yogyakarta, untuk sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII A dan B dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif deskriptif dan teknik persentase sederhana untuk data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Word Wall dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords


Minat Belajar, Media WordWall, Upaya Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Aribowo, E. K. (2021). WordWall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai Dari Quiz, Wordsearch, Hingga Anagram.

Gamayanti, Z. (2021). WordWall. Solusi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Yang Lebih Interaktif.

Hamzah, Ali . 2014 . Evaluasi Pembelajaran Matematika (I). Jakarta: rajawali pers.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Moleong. (2013 ). Metodelogi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT Remaja Kosdakarya .

Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi“. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 8 . No. 2.

Nazir. (1988). Metode Penelitian . Jakarta : Ghalia Indonesia.

Patricia, “Delvy Elsa dan Dini Susanti. 2018. Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Ikur Koto Padang“. Jurnal kajian dan pengembangan umat. Vol. 1 No. 1.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Word Wall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter, 1(5), 452–457.

Sari, V. N. I., Utomo, A. P. Y., & Sumarwati, S. (2002). Kualitas Soal Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak: Analisis Butir Soal. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan sastra Indonesia, 11(2), 112-119.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.