Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Eksposisi di Kelas X SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Elfrida Syafa, Mira Aristiani, Iis Suwartini, Desy Rosmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dan (2) Mendeskripsikan peran guru dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila Teks Eksposisi. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi yang menunjuukan hasil (1) pada pembelajaran Teks Eksposisi kelas X yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah mengimplementasikan empat profil pelajar Pancasila yaitu (1) Beriman kepada Tuhan YME, (2) gotong royong, (3) berpikir kreatif, dan (4) bernalar kritis, (2) peran guru dalam mengimplementasikan profil pelajar Pancasila sangat dibutuhkan agar tercapainya tujuan yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Peran guru dalam mendukung profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar sebagai berikut, (1) memberikan Nasihat, guru harus mampu membina siswa dengan cara yang baik, karena mereka memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda. Sehingga peran guru dalam memberikan nasihat diperlukan, (2) toleransi, guru memiliki peran untuk memberikan pemahaman yang mudah diterima oleh siswanya, (3) disiplin, (4) cinta tanah air.

Keywords


Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Peran Guru

Full Text:

PDF

References


Ashabul K. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam.

Hartanti, R. I. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah Gendeng. Universitas Ahmad Dahlan.

Irawati, D. et al. (2022) ‘Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), pp. 1224–1238. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

Kemendikbud. (2020). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. kemendikbud.

Lie Anita, S. dkk (2020) Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Edited by T. S. D. Utami. Buku Digital PT Kanisius.

Lince, L. (2022) ‘Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan’, Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), pp. 38–49. doi: 10.47435/sentikjar.v1i0.829.

Moleong, J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mukminin, E. et al. (2023) ‘Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Iman dan Taqwa Melalui Pembiasaan di

SD Negeri Gayamsari 02’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), pp. 4647–4653. doi: 10.54371/jiip.v6i7.2327.

Musdolifah, A., M. N., & Y. Y. N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.

Ningsih, W. W. (2020) ‘IMPLEMENTASI HABITUASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA: FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT’, Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 86–90.

Rahmadayanti Dewi, H. A. (2021) ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar’, Jurnal basicedu, 5(4), pp. 2541–2549. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.

Setiyaningsih, S. and Wiryanto, W. (2022) ‘Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), pp. 3041–3052. doi: 10.58258/jime.v8i4.4095.

Setiyaningsih, S., & W. W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education.

Tri, W. (2022) ‘PENGUATAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR AGAMA HINDU PADA SISTEM PEMBELAJARAN BLOKIMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR’, הארץ, 27(8.5.2017), pp. 2003–2005.

Zulfa, A. and Najicha, F. U. (2022) ‘Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi’, Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(2), p. 65. doi: 10.31002/kalacakra.v3i2.6267.

Zuriah, N. and Sunaryo, H. (2022) ‘Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar’, Civic Hukum, 7(1), pp. 71–87


Refbacks

  • There are currently no refbacks.