Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Intan Dea Vera, Ryanetta Octavia, Iis Suwartini, Retno Handayani

Abstract


yang berbasis proyek. Tujuan studi kepustakaan ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek guna mewujudkan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Model pembelajaran berbasis proyek ini, seorang pendidik memiliki peran sebagai fasilitator sedangkan pusat pembelajarannya berfokus pada siswa. Project Based Learning bertujuan guna memperoleh pemecahan permasalahan yang sering terjadi pada pendidikan di Indonesia, selain itu Project Based Learning juga digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Hasil kajian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis proyek sesuai dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran intrakulikuler maupun proyek P5 guna menumbuhkan profil pelajar Pancasila pada peserta didik di SMP Negeri 15 Yogyakarta.

Keywords


Model Pembelajaran, Project Based Learning, Profil Pelajar

Full Text:

PDF

References


Nainggolan, D., Pontororing, H. F., & Tinus, D. (2021). The Implementation of Project Based Learning to Improve Student Learning Outcomes in Study About" Pengantar Pancasila". Educouns Journal: Jurnal Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 132-138.

Vahlepi, S., Helty, H., & Tersta, F. W. (2021). Implementasi Model Pembelaaran berbasis Case Method dan Project Based Learning dalam rangka mengakomodir Higher Order Thinking Skill mahasiswa dalam Mata Kuliah Psikologi Pendidikan Bahasa Arab di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10153-10159.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.