Pemanfaatan Media Audio-Visual Bermuatan Budaya dan Nilai Lokal untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Teks Naratif Kelas VII SMPN 14 Yogyakarta

Lulu Keenness Izzati, Asriyansyah Asriyansyah, Dita Franesti, Utari Isnaini Retno Wurdani, Hasrul Rahman, Dyah Ayu Putri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media audio-visual bermuatan budaya dan nilai lokal untuk keterampilan berbicara dalam pembelajaran teks naratif di kelas VII SMPN 14 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas VII A SMPN 14 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media audio-visual bermuatan budaya dan nilai lokal dapat dimanfaatkan untuk keterampilan berbicara peserta didik kelas VII A SMP Negeri 14 Yogyakarta pada pembelajaran teks naratif. Media audio-visual tersebut antara lain Canva, Kahoot, Wordwall, Padlet, Youtube, instrumen, boneka, dan gambar.

Full Text:

PDF

References


Moelong, L. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 8(2).

TANGGUR, F. S., Lawa, S. M. N., & Harmansyal, H. (2022). Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Daerah Pedalaman Pulau Timor. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(1), 188-196.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.