Implementasi Karakter KH Ahmad Dahlan dalam Proses Pembelajaran di SD Muhammadiyah Suronatan

Dessy Nur Fitriyanti, Frida Istiyawati Hastuti, Rian Apriliani, Dwiky Dharma Panjaitan, Nasuha Alfaiza, Aprida Agung Priambadha, Beny Purwoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan karakter Ahmad Dahlan pada proses pembelajaran di SD Muhammadiyah Suronatan. Penelitian dilakukan dengan wawancara serta observasi pada pendidik dan peserta didik kelas II di SD Muhammadiyah Suronatan pada bulan Agustus 2023. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 5 implementasi karakter Ahmad Dahlan di SD Muhammadiyah Suronatan, yaitu segi perencanaan sekolah, karakter akhlakul karimah, religius, jujur, disiplin, dan nasionalis yang diterapkan di SD Muhammadiyah Suronatan sesuai dengan karakter Ahmad Dahlan.

Keywords


Karakter; Ahmad Dahlan; proses pembelajaran; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF PDF

References


Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Cahyani, F. (2019). PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. BASIC EDUCATION, 8(16), 1-604.

Firdaus, F. (2017). Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah secara Psikologis. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur'an dan al-Hadits, 11(1).

Khoirudin, A dan Anshori, A. (2018). “Al-’Asher School: The Philosophical of K.H Ahmad Dahlan’s Character education,” ISEEDU 2, no 1: 19.

Kumalasari, D. (2012). Kajian konsep pendidikan karakter menurut KH Ahmad Dahlan dan Ki Hadjar Dewantara: Suatu refleksi historis cultural. Disertasi Program Pascasarjana UNY, 2012). Diakses 10 Desember 2020 dari.

Matta, Anis. (2006). Membentuk Karakter Cara Islam. Jakarta: Al-I'tishom. cet III, hlm. 14. Mulyandari, A.D. (2022). Pendidikan Karakter Menurut K.H Ahmad Dahlan dan Relevansinya Di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Studi Agama-Agama. Vol. 8, No. 1. (84-98)

Putra, M. A. H. (2019). Building Character Education Through The Civilization Nations Children.

The Kalimantan Social Studies Journal, I(1), 12-17.

Sughari, T. (2019). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER AHMAD DAHLAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN GURU KELAS III SD MUHAMMADIYAH 38 SAWANGAN.

Suparno, P. (2012, November). Pengembangan Karakter Untuk Anak Zaman Sekarang. In Seminar Pendidikan yang diselenggarakan oleh Unit PPL FKIP, USD, tanggal (Vol. 28). Sutarna, N., Cahyati, N., Heriyana, T., Anggraeni, D., & Lestari, I. A. (2022). Implementasi Nilai- Nilai Karakter dan Keteladanan KH Ahmad Dahlan pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2506-2518.

Syifa. Warga Muhammadiyah Harus Tahu, Ini 17 Karakter Berkemajuan Kiai Dahlan. Muhammadiyah Cahaya Islam Berkemajuan. 19 April 2021. Diakses pada 28 September 2023. https://muhammadiyah.or.id/warga-muhammadiyah-harus-tahu-ini-17-karakter- berkemajuan-kiai-dahlan.

Yati, R. (2021). Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. DOI 10.31219/osf.io/a3c6e.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.