Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di TK ABA Giwangan

Restina Miyanti, Nurul Putri Pradisty, Merlyana Zuanifah, Febritesna Nuraini, Istiyani Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru terhadap penggunaan media loose part dan mengetahui perkembangan kreativitas anak melalui media loose part di TK ABA Giwangan. Media loose part dapat meningkatkan perkembangan kreativitas anak karena melalui media loose part anak diberikan kebebasan untuk menuangkan ide kreatifitasnya sesuai dengan imajinasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Permasalahan yang terdapat di TK ABA Giwangan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran loose part diklasifikasikan menjadi 5 jenis masalah, yaitu: Sarana sekolah yang masih terbatas, fasilitas terbatas, terbatasnya pengetahuan guru dalam pengelolaan media pembelajaran loose part yang tepat, kurangnya kegiatan pelatihan terkait pengelolaan penggunaan media pembelajaran loose part, kurangnya dukungan orang tua/wali siswa tentang pelaksanaan program. Berdasarkan hasil data dan observasi yang telah kami lakukan dapat ditarik kesimpulan jika pembelajaran loose parts di TK ABA Giwangan sudah menunjukkan peningkatan kreativitas anak-anak.

Keywords


Guru, Kreativitas, Loose Part

Full Text:

PDF

References


Anisak, Nurul, Fitri, D. dan Suryana Dadan (2022). Pembelajaran STEAM dalam Mengembangkan Kemampuan Kreativitas

Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12544-12552.

Christianti, M. (2012). Profesionalisme pendidik anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Diana, Z., & Wulandari, R. (2023). ANALISIS MEDIA LOOSE PART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 1(02 Juni), 148-153

Nurliana, N., Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451-460.

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47-52.

Sinaga, J. H. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI LEMBAGA PAUD (Doctoral dissertation, UNIMED).

Umami, Y. S., & Afnida, M. (2023). Analisis Penggunaan Media Belajar Loose Part untuk Optimalisasi Perkembangan Anak di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 10(1), 39-54.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.