Memahami Hubungan Interaksi Antara Guru dan Siswa Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Ririn Vijayanti Indah Saputri, Toni Kus Indratno, Rani Kusfiana

Abstract


Pendidikan memegang peran sentral dalam pembentukan individu dan masyarakat. Hubungan antara guru dan siswa di lingkungan pendidikan menjadi faktor kunci yang memengaruhi pengalaman belajar dan perkembangan siswa. Guru, sebagai agen pembelajaran, memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan akademik dan sosial siswa. Penelitian ini memusatkan perhatian pada interaksi guru-siswa terkait Academy Reaction dan Social Reaction pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Dalam konteks pelajaran, termasuk mata pelajaran fisika belum ada penelitian yang khusus mengkaji hubungan interaksi guru-siswa dalam aspek Academy Reaction dan Social Reaction di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi celah pengetahuan ini dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang peran guru dalam Academy Reaction dan Social Reaction siswa, serta menekankan perlunya mempertimbangkan variasi dalam pendekatan pengajaran untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam..

Keywords


Academy Reaction, Guru,Interaksi, Siswa, Social REaction

Full Text:

PDF

References


GEANĂ, I. M. (2017). BOOK REVIEW. JOHN HATTIE. ÎNVĂŢAREA VIZIBILĂ. GHID PENTRU PROFESORI (Visible learning for teachers: maximizing impact on learning, 2012, Routledge). Translated by: Cristina Dumitru, Bucharest, Trei Publishing House, 2014, 408 p. ISBN: 978-606-719-058-8. Revista de Pedagogie - Journal of Pedagogy, LXV(1), 134–136. https://doi.org/10.26755/revped/2017.1/134

Hamre, B. K., & Pianta, R. C. (2001). Early Teacher-Child Relationships and the Trajectory of Children’s School Outcomes through Eighth Grade. Child Development, 72(2), 625–638. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00301

Kinasih, A., & Mariana, E. (2021). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA SISWA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 2 SEKAMPUNG. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 39. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.32396

Marsal, A., & Hidayati, F. (2017). Pengaruh smartphone terhadap pola interaksi sosial pada anak balita di lingkungan keluarga pegawai UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 78–84.

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa Di smp katolik Santa Rosa siau Timur kabupaten sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55–61.

Pusparini, K. D. C., Suma, K., & Suswandi, I. (2020). Hubungan Motivasi Intrinsik, Persepsi Siswa, Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26719

Sari, R. I. (2019). Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 296–304. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1436

Walker, C. O., Greene, B. A., & Mansell, R. A. (2006). Identification with academics, intrinsic/extrinsic motivation, and self-efficacy as predictors of cognitive engagement. Learning and Individual Differences, 16(1), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2005.06.004

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.