Pemahaman tentang Program Adiwiyata di SMAN 1 Bantul

Merlina Suciati, Novi Febrianti, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Program adiwiyata adalah inisiatif pendidikan lingkungan yang diimplementasikan di berbagai sekolah di Indonesia, termasuk di SMA N 1 Bantul. Tujuan artikel ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang implementasi program adiwiyata di SMA N 1 Bantul, serta sejauh mana pemahaman ini mempengaruhi kesadaran lingkungan peserta didik. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan guru dan beberapa siswa, serta observasi langsung di lingkungan SMA N 1 Bantul.  Hasil dari artikel ini memberikan wawasan tentang pemahaman yang mendalam tentang implementasi program adiwiyata di SMA N 1 Bantul, serta sejauh mana pemahaman ini mempengaruhi kesadaran lingkungan peserta didik.



Keywords


Pemahaman Adiwiyata, Program Adiwiyata Pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Karim, A. (2017). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup berbasis

Humanisme Pendidikan Agama. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2).

Rahmah, Y. D., Indradi, S.., & Riyanto. (2020). Implentasi Program Sekolah Adiwiyata

(Studi pada SDN Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik, 2(4).

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan program adiwiyata sebagai upaya pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(0).

Therik, J.., & M.M, L. (2021). Membangun kesadaran masyarakat sebagai upaya pelestarian lingkungan. Jurnal Administrasi Publik, 17(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.