Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Pada Materi Jaringan Tumbuhan

Tia Sandy Widyastuti, Trianik Widyaningrum, Samsyati Samsyati

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu bentuk komunikasi antara tenaga pengajar dan siswa dengan tujuan akhir agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari pembelajaran tentunya berupa hasil belajar yang baik dan dalam pelaksanaanya dipengaruhi beberapa faktor besar dari guru ketika memilih strategi atau model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian semacam ini termasuk kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan untuk penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI IPA 1.4.5. dan 6, yang totalnya 117. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data ini menggunakan dua macam Teknik yaitu: (1) tes tertulis yaitu dengan memberikan pretext, (2) Teknik non tes yaitu observasi. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil penelitian menunjukkan bahwa data terserbar secara tidak normal dan tidak homogen, sehingga dilanjutkan dengan uji nonparametric, khususnya uji Wilcoxon dan hasilnya menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning pada hasil belajar siswa kelas XI materi jaringan tumbuhan.

Keywords


Discovery Learning, Jaringan, Tumbuhan.

Full Text:

PDF

References


NATALIA, A. (2021). UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI FRAKSI DAUN RAMBUTAN (Nephelium lappaceum L.) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus ATCC 25923 SECARA IN VITRO (Doctoral dissertation, Stikes Karya Putra Bangsa Tulungagung).

Wahyuni, S. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Bank Syari’ah. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 437-459.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.