Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle dan Tebak Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 11 SMAN 11 Yogyakarta

Diva Nadia Daniesvara, Febriayana Dwimas Praarafati, Novi Febrianti, Heru Minart

Abstract


Media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perbandingan antara hasil belajar siswa untuk Teams Games Tournament (TGT) dengan crossword puzzle di kelas XI IPA 5 dan tebak gambar di kelas XI IPA 4 SMAN 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IPA 5 dan IPA 4. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari selisih nilai rata rata postest kedua kelas tersebut. Hasil perbandingan menunjukan pebelajaran dengan media crossword puzzle memilki nilai rata rata 89,66 sedangkan media tebak gambar memiliki nilai rata rata 87,08. Dapat disimpulkan perbandingan penggunaan media pembelajaran Crossword puzzle lebih tinggi dibandingkan dari pada tebak gambar terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 11 Yogyakarta.

Keywords


Crossword puzzle, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Tebak Gambar

Full Text:

PDF

References


Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193-203.

Budianti, Y., Rangkuti, I. P., & Nasution, F. (2020). Pengaruh Media Tebak Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial di RA Al Musthafawiyah Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 8(1).

Faqih, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Pembelajaran Puisi. Jurnal Konfiks, 7(2), 27-34.

Fatmasari, D., Purba, A., & Salikun, S. (2019). Media Permainan Tebak Gambar Efektif Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Tindakan Menyikat Gigi Dibandingkan Media Booklet. Jurnal kesehatan gigi, 6(1), 76-79.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran sistem operasi jaringan kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). Maharani, D. A. M.,

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35.

Marzuki, N., Fatmawati, F., Amin, N. F., & Tahir, A. J. (2023). Penerapan Media Puzzle Tebak Gambar dalam Meningkatkan Penguasaan Kalimat Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Datarang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 2101-2114. Moto,

M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Rahayu, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword puzzle Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang Kelas XI Pemasaran SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(3).

Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz dan Media Teka Teki Silang. International Journal of Elementary Education, 3(2), 151-158.

Samarinda, E. P., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas V MIN 08 Muara Enim. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752 755.

Sari, N. P., Della, S., & Agustina, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Group Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Batam. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1-9.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Suswandari, M. (2018). Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1).

Suyono, S., Juandi, J., & Hidayat, T. (2023). Pembelajaran Berpidato Menggunakan Metod Pemodelan Di Kelas Xi Smk Al-Ilyas Kabupaten Garut. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 49-55.

Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.