Menerapkan Kebiasaan Shalat Jamaah dalam pembinaan Karakter di SMK Muhammadiyah Cangkringan Sleman

Mahadika Resi Fauzi, Yusron Masduki, Aditya Nur Taufiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang kedisiplinan siswa terhadap shalat berjamaah di masyarakat. Shalat akan menghilangkan perbuatan kurang terpuji dan dapat melatih kedisiplinan. Kehidupan yang baik terutama dalam jenjang studi. Perilaku disiplin tidak berkembang dengan sendirinya, memerlukan kesadaran diri, kebiasaan, dan juga hukuman. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara menerapkan kebiasaan sholat dzuhur kepada murid di SMK Muhammadiyah Cangkringan dan bagaimana membina karakter dengan menerapkan kebiasaan shalat berjamaah di SMK Muhammadiyah Cangkringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebiasaan murid pada sholat dzuhur berjamaah dan membina karakter dalam kebiasaan shalat berjama’ah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumen. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah murid di SMK Muhammadiyah Cangkringan cukup baik, siswa sudah terbiasa shalat berjama’ah sehingga pelaksanaan shalat cukup disiplin bahkan ada juga yang sulit diatur.

Keywords


Penerapan, Kebiasaan, Sholat, Berjmaah, Pembinaa, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Annisa, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69-74.

Fajrussalam, H., Mulyani, A., Anisa, P. S., Sadiah, S. K., & Winengsih, W. (2022). Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Shalat Berjamaah terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Rasa Tanggung Jawab. FONDATIA, 6(2), 346-356.

Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Shalat Dhuhur Berjamaah Di Mi Raudlatusshibyan Nw Belencong. El Midad, 12(1), 70-87.

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34-40.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66.

Purwaningsih, R. (2017). Peran Guru Dalam Pembiasaan Sholat Berjamaah. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 1-10.

Sinthia, I., Nurulhaq, D., Rahman, A. A., & Masripah, I. (2020). Pola Asuh Pondok Pesantren Terhadap Kedisiplinan Santri pada Shalat Berjamaah. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 163-174

Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.

Yuliani, Y., Damopolii, M., & Usman, U. (2019). Penerapan Kedisiplinan Belajar Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Ibadah Salat Zuhur Berjamaah Peserta Didik. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 147-155.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.