Identifikasi Gaya Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta

Evie Nur Sofhiya, Diana Pungki Astro Ivo, Novi Febrianti, Djiwanti Retno Setyowati

Abstract


Gaya belajar dapat diartikan sebagai proses penghayatan, gerak laku dan kecenderungan seseorang pelajar dalam memperoleh suatu ilmu. Kunci keberhasilan siswa dalam proses belajar salah satunya yaitu dipengaruhi oleh gaya belajar yang sesuai dengan peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Sampel diambil sebanyak 72 siswa dari kelas XI F3, F5 dan F6 SMA Negeri 4 Yogyakarta, yang ditentukan secara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif mempresentasikan hasil yang diperoleh dari angket tertutup. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini secara keseluruhan memiliki gaya belajar kinestetik dengan persentase 36,1%. Kelas F3 cenderung kinestetik dan F5 serta F6 cenderung visual.

Keywords


Auditorial, Kinestetik, Gaya belajar, Visual.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Pelajar.

Aulia, D. N., Zulkarnaen, & Hidayati, N. (2020). Seminar nasional pendidikan profesi guru tahun 2020. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU TAHUN 2022, 63–68.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Gaya Pembelajaran. Journal of Sainstek, 8(1), 77–84.

Deporter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning. Kaifa Hamalih.

Handican, R., Hayat, A. P., & Mudjiran. (2022). Gaya Belajar Visual: Bagaimana Kesalahannya dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515

Lestari, S., & Widda Djuhan, M. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar

Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250

Mohd, F., Wan Yahya, W. F. F. A., Ismail, S., Jalil, M. A., & Noor, N. M. M. (2019). An Architecture of Decision Support System for Visual-Auditory-Kinesthetic (VAK) Learning Styles Detection Through Behavioral Modelling. International Journal of Innovation in Enterprise System, 3(02), 24–30. https://doi.org/10.25124/ijies.v3i02.37

Murfi, A., & Rosidah, N. S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Studi Komparasi Siswa Berprestasi SMAN 1 dengan MAN 1 Yogyakarta Kelas XI. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 295–308. https://doi.org/10.14421/jpm.2016.12-10

Rahi, S., Alnaser, F. M., & Abd, M. G. (2019). esigning survey research: recommendation for questionnaire development, calculating sample size and selecting research paradigms. Economic and Social Development: Book of Proceedings, 1(3), 1157–1169.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa, 2(1), 1–8.

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual , Auditorial , Dan Kinestetik Terhadap. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296.

Rohmatunisa, S., Wahyudi, U., & Yudasmara, S. D. (2020). Survei Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bola Basket pada Peserta Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(2), 119–129.

Sanjaya, & Viena. (2013). Educational Process standard Oriented Learning Strategis. Kencana Prenada Media Group.

Sari, A. K. (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak(Visual, Auditorial, Kinestetik)Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.395

Shoimatul, U. (2013). Revolusi Belajar Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis kecerdasan Majemuk. Ar-Ruzz Media.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37–44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6

Susano, Y., Sumiati, I., Kurniawati, R., & ... (2020). Optimalisasi Peran Unit Kesehatan Sekolah Dan Pemeriksaan Kesehatan Pada Siswa Sman 1 Maja. BERNAS: Jurnal …, 1(4), 713–719. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/1212%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/download/1212/739

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 84–104.

Winkel, W. S. (2016). Teaching Psychology. Grafindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.