Proses Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Semangat Sekolah Siswa Di MIM Semanu

Emyria Varny, Herlina Effendi, Rezi Saputra, Priyo Jatmiko Lindiatmojo, Raden Wisnu Wijaya Dewojati, Muthiah Muthiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menelaah secara mendalam mengenai Proses Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Semangat Sekolah Siswa Di MI Muhammadiyah Semanu. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan proses penelitian dalam bentuk teks atau ucapan dan perilaku yang dapat diamati. penerapan pendidikan karakter ini sudah diterapkan ketika peserta didik sudah memasuki kawasan sekolah, mulai dari berjabat tangan, sholat dhuha, berbaris di depan kelas, berdoa saat pembelajaran, menyimak guru, mencuci tangan, berdoa sebelum dan sesudah makan dan berdoa sebelum pulang. Sehingga pembentukan karakter yang baik akan tertanam pada diri peserta didik karna pembiasaan karakter di lingkungan sekolah maupun di dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses Pendidikan karakter dalam pembelajaran untuk meningkatkan semangat sekolah siswa di Mi Muhammadiyah Semanu sudah berhasil dilaksanakan salah satu Pendidikan karakter yang diajarkan ialah mencuci tangan sebelum makan dan mencuci peralatan makan setelah digunakan, kegiatan tersebut sudah dilakukan disekolah, dengan dilakukannya kegiatan tersebut peserta didik akan bisa belajar tanggung jawab, disiplin, dan menjadi pribadi yang bermoral serta berguna dimasa depan.

Keywords


Integrasi Pendidikan Karakter, Semangat Belajar

Full Text:

PDF

References


Latifah, S. (2014). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2), 24–40. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v3i2.71

Onde, M. L. ode, Aswat, H., B, F., & Sari, E. R. (2020). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Era 4.0 Pada Pembelajaran Berbasis Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 4(2), 268–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.321

putra, fernanda rahmadika, Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 182–191. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p182


Refbacks

  • There are currently no refbacks.