Upaya Guru dalam Membangun Kepribadian Disiplin Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Imogiri

Miftah Rizqi Nur Hidayati, Hanif Cahyo, Muhtar Pangestu

Abstract


Artikel ini dibuat dengan tema kepribadian disiplin peserta didik karena disekitar kita masih banyak sekali orang yang mengabaikan disiplin, entah itu disiplin dalam belajar, beribadah, bekerja maupun disiplin dalam menjaga diri sendiri. Analisis dalam pembuatan artikel ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Imogiri Yogyakarta. Analisis dilakukan dengan pengamatan secara umum dengan metode interview dan studi kepustakaan dengan tujuan penelitian adalah observasi bagaimana kepribadian disiplin yang dimiliki oleh peserta didik di SMK Muhammadiyah Imogiri. Artikel ini dibuat berdasarkan permasalahan yang sedang terjadi di SMK Muhammadiyah Imogiri yang paling menonjol yaitu masalah kepribadian dan kedisiplinan. Karena masih banyak ditemukan sikap peserta didik kepada guru masih cukup kurang serta kedisiplinan peserta didik terhadap waktu, kewajiban serta tanggung jawab yang masih kurang sehingga diperlukan banyak upaya dari guru untuk membimbing mereka.

Keywords


Kepribadian, Kesidiplinan, Peserta Didik, Upaya Guru

Full Text:

PDF

References


Adinda, R. (2021). “Tipe Kepribadian Manusia: Pengertian, Ciri, Tipe, Konsep, Dan Fungsinya”. Retrieved from https://www.gramedia.com/best-seller/tipe-kepribadian-manusia/

APRIATMOKO, B. A. (2019). UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SEKOLAH PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Ariananda, E. S. (2014). PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA TEKNIK PENDINGIN.

DENTI, K. R. (2019). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT.

KBBI. (n.d.). Disiplin. Retrieved from https://kbbi.web.id/disiplin

Manshur, A. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN SISWA.

Manshur, A. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN SISWA.

Nurjannah, E. (2020). STRATEGI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA.

Pangestu, D. (2022). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII D (STUDI MATA PELAJARAN IPS TERPADU) DI SMP 1 MA'ARIF PONOROGO.

Pintar, T. (2021, June 04). Faktor Pembentuk Kepribadian, Apa saja? Retrieved from https://www.kelaspintar.id/blog/tips-pintar/faktor-pembentuk-kepribadian-apa-saja-12169


Refbacks

  • There are currently no refbacks.