Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Notoprajan

Farah Zannuba Husna, Yuni Arima, Amaliyah Ulfah, Nirmala Arum Pratiwi

Abstract


Penelitian ini menunjukkan untuk mengetahui pengaruh  penggunaan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT)  terhadap hasil belajar IPAS tentang sifat-sifat magnet dan cara membuat  magnet kelas V SD Muhammadiyah Notoprajan. Metode pengumpulan data  menggunakan observasi/pengambilan data, tes, dan dokumentasi.  Setelahnya, analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian  data, dan pengambilan kesimpulan. Model pembelajaran yang dijelaskan  tadi sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran  IPAS. Hal ini terbukti adanya peningkatan yang signifikan hasil belajar  sebelum dan setelah menggunakan model TGT. Hasil belajar siswa  mengalami peningkatan yang signifikan setelah menerapkan model  pembelajaran tersebut, dengan nilai rata-rata yang meningkat dari 78,73  menjadi 85,47. Siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar mengalami  peningkatan yaitu sebanyak 13 orang (68%) menjadi 17 orang (89%).  Sedangkan yang belum mencapai ketuntasan belajar mengalami penurunan  sebanyak 6 orang (32%) menjadi 2 orang (11%). Oleh karena itu, model  pembelajaran TGT efektif dan berpengaruh dalam meningkatkan hasil  belajar siswa terhadap materi tersebut.

Keywords


Model kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Hamdayama, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. PT. Bumi Aksara: Jakarta. Huda, Miftahul. (2015). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Priansa, Doni Juni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. CV. Alfabeta: Bandung. Sandri, D., & Tisnawati, T. (2023). ANALISIS Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Matematika. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 175– 185.

Slavin, Robert. E. (2016). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (Terjemahan Narulita Yusron). Nusa Media: Bandung. (Buku asli diterbitkan tahun 2005)

Syukur, Imam Abdul, dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Termodifikasi Berbasis Outbound Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume. 20, No. 3, 310-327.

Wisudawati, A.W. & Sulistyowati, Eka. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara: Jakarta.

Zulaikha, M.S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Number Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 9 Semarang. Skripsi. FMIPA UNNES Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.