Pembiasaan Literasi Terhadap Minat Baca Pada Anak Slow Learner Kelas IV SD Negeri Balirejo Yogyakarta

Feby Widiastuti, Azyu Marni, Ayu Vernanda Rahma Yuliati, Diah Dwi Damayanti, Aprida Agung Priambadha, Dheni Eka Candrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembiasaan terhadap minat baca yang dilakukan pada anak slow learner di kelas IV SD Negeri Balirejo Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas IV, Guru Pendamping Khusus (GPK), dan 7 siswa slow learner SD Negeri Balirejo Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca pada anak slow learner adalah dengan penerapan pembiasaan literasi. Pembiasaan literasi pada anak slow learner di kelas IV SD Negeri Balirejo Yogyakarta dilakukan dengan bantua khusus dari guru kelas IV dan Guru Pendamping Khusus (GPK). Terdapat beberapa faktor pendukung pembiasaan literasi, seperti ketersediaan perpustakaan di sekolah dan kerjasama dengan perpustakaan kota. Sedangkan, faktor penghambat pembiasaan literasi adalah keterbatasan buku-buku yang menarik dan kurangnya minat baca siswa.

Keywords


Literasi, Slow Learner, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Agustin, I., & Wiratama, N. A. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 254. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.8927

Azhari, N., Sulistia, H., & Wanda, M. A. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI TANGERANG 15. In PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Cahya Rohim, D., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Citra, O. :, Sari, P., & Yogyakarta, U. N. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV FACTORS THAT CAUSE LOW READING INTEREST OF 4 th GRADE STUDENTS. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 32).

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585

Darlin, H., & Fitriani, E. (2020). Upaya Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Perspektif, 3(4), 577. https://doi.org/10.24036/perspektif.v3i4.335

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minta Baca Siswa Sekolah Dasar (Vol. 2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ). 4(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1893

Nurfadhillah, S., Anjani, A., Devianti, E., Suci Ramadhanty, N., & Amalia Mufidah, R. (2021). Lamban Belajar (Slow Learner) Dan Cepat Belajar (Fast Learner). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 416–426. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200


Refbacks

  • There are currently no refbacks.