Penanaman Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Hizbul Wathan Di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1

Harnum Sekar Tanjung, Dwi Sekar Mawarni, Wulan Dari, Muhammad Ragil Kurniawan, Fitriani Eka Setiawati

Abstract


Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan dalam menanamkan nilai karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 1. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan studi kasus, wawancara, observasi, analisis dokumen sebagai alat pengumpulan data dan analisis data kualitatif. Hasilnya menunjukkan keberhasilan program tersebut dalam mengembangkan karakter peserta didik. Guru pembimbing aktif memberikan bimbingan tentang disiplin dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga mengajarkan tanggung jawab terhadap tugas organisasi. Peran orang tua dalam mendukung anak-anak mereka dalam kegiatan ini juga terbukti penting. Kesimpulannya, kegiatan ekstrakurikuler ini meningkatkan efektivitas dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik. Dengan dukungan guru pembimbing dan orang tua, karakter ini menjadi modal berharga bagi masa depan peserta didik. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran ekstrakurikuler dalam pembentukan karakter anak-anak.

Keywords


Penanaman nilai karakter, Disiplin, Tanggung jawab

Full Text:

PDF

References


Efendi, M. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Program Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Vi Palembang. Conciencia, 17(1), 27–39. https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i1.1581

Fikri, M. A. Al. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Edudikara : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 56. http://www.ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/download/145/107

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Listiowaty, E., & Mitrohardjono, M. (2019). Strategi Pengembangan Karakter dalam Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) Studi Kasus pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru. Jurnal Tahdzibi : Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 103–110.

https://doi.org/10.24853/tahdzibi.4.2.103-110

Muhayat, I. (2022). Membentuk Karakter Kepemimpinan Melalui Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Di SMA Muhammadiyah 1 Denpasar Imam. JURNAL WIDYA BALINA, 7(2), 550–558.SEMNAS PLP 20772023 Prosiding Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan; e-ISSN: 2964-1888

Mukti, R. H. (2018). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Ekstrakurikuler Karawitan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 3971–3982.

Prastomo, Wiranthi, D. (2019). Hizbul Wathan Bagi Pendidikan Kemandirian Tingkat Sekolah Dasar Wiranthi. JURNAL NUANSA AKADEMIK, 4(1), 47–62.

Rahardja, B., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Islami pada Kegiatan Ekstrakurikuler “Hizbul Wathan” (Studi Empirik di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017). Suhuf, 29(2), 108–124.

Sapitri, N., & Hidayah, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Di SD Muhammadiyah Karangkajen II. Fundamental Pendidikan Dasar, 1(1), 1–9.

Saputri, R. A. (2019). Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa SD Bakalan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Jurnal Basic Education, 8(15), 1424–1433. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/15187

Sri Imawati, & Vebri Puji Rahayu. (2022). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Kelas 1 di SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 140–145. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2207

Tong, J. (2020). Penanaman nilai karakter melalui hizbul wathan. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–16.

Yusuf, A., Hidayati, M., & Purnomo, H. (2021). Hard Skill dan Soft Skill Siswa dalam Ekstrakurikuler Hizbul Wathan (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Semin). Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 5–6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.