Penerapan Layanan Bimbingan dan Konseling Berdiferensiasi di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Agus Dwi Hatmoko, Ratna Hidayati Khasanah, Irvan Budi Handaka, Ade Rendi Mulyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan dan konseling berdiferensiasi di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan mengambil sampel berjumlah 4 kelas, yaitu kelas 8a-8d. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan studi literatur untuk memperkuat argumen penelitian. Selain itu, peneliti juga menggunakan pendeatan deskriptif kualitatif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian ini. SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menerapkan layanan bimbingan dan konseling berdiferensiasi dengan menyebar angket untuk mengetahui kebutuhan dan karakteristik belajar peserta didik. Dari hasil angket tersebut, disusunlah rencana pelaksanaan layanan (RPL) sebagai pedoman pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di kelas.

Keywords


Bimbingan dan konseling, berdiferensiasi, Kualitatif

Full Text:

PDF

References


Alhafiz, N. (2022). ANALISIS PROFIL GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. J ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), Article 8. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946

Nur, E. W. (2023). Bimbingan Dan Konseling Karir Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XII SMAN 6 Sidrap). Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.47239/jgdd.v6i1.570

Prabowo, A. B. (2019). Urgensi Kompetensi Guru BK dalam Melakukan Asesmen Layanan Konseling Karir. Prosiding University Research Colloquium, 259–266.

Suwanjal, U., & Apriani, R. (2023). PERAN GURU PENGGERAK DALAM MEWUJUDKAN AKSI NYATA DI SEKOLAH SEBAGAI BENTUK PENDIDIKAN YANG BERPIHAK KEPADA MURID MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Anak Hebat Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.