Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru-Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 2 Bantul

Fikri Haikal, Hasrul Rahman, Yessi Trianitias

Abstract


Pendidikan memiliki dua makna: luas dan terbatas. kemajuan negara tergantung pada peningkatan pendidikan melalui strategi, termasuk meningkatkan prestasi akademik siswa. Prestasi dipengaruhi oleh faktor internal dan lingkungan. Komunikasi interpersonal penting dalam mengubah pandangan dan perilaku individu. Dalam pendidikan, ini kunci untuk mengembangkan berbicara dan kreativitas siswa. Keberhasilan komunikasi memerlukan pemahaman, kepercayaan, hubungan erat. Di pendidikan, ini mendukung interaksi dan pembelajaran. Hubungan guru-siswa membentuk perubahan sikap dan perilaku. Kreativitas belajar adalah mengembangkan ide baru, atasi tantangan, tanggap situasi. Tinjauan pustaka adalah pendekatan untuk mengidentifikasi pengetahuan sebelumnya, tujuannya temukan area penelitian baru. Studi komunikasi interpersonal di SMK Muhammadiyah 2 Bantul tunjukkan dampak positif komunikasi orang tua-guru dan motivasi pada hasil belajar siswa. Perlu langkah untuk kuatkan hubungan ini dan hasil belajar siswa.

Keywords


Komunikasi, Interpersonal, Pendidikan, Siswa, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


NUGRAHA, A. S. (2014). komunikasi antarpribadi guru bimbingan penyuluhan dengan siswa dalam mengurangi tingkat kenakalan remaja di SMK BUNDA KANDUNG JAKARTA. repository.uinjkt.ac.id, 34-36.

Ulfa kusuma, U. (2016). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMKS 6 PERTIWI CURUP. sinta, 3-4, 10-11.

Hidayat, S. (2013). Pengaruh Kerjasama Orang Tua dan Guru Terhadap Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri kecamatan Jagakarsa-Jakarta Selatan. Ilmiah Widya, Vol. 1, Nomor 2.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya, 22-27.

Anjariah, Sri, “Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orang Tua”. Jurnal Psikologi, Vol.2, Nomor 2, Juli 2006.

Saulinggi, Simon dan Elisa Betty Tambunan, “Hubungan Antara Komunikasi Guru-Orang Tua Dan Profesionalisme Guru Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Primary Di Global Jaya International School Bintaro Tangerang”, dalam Jurnal Dinamika Pendidikan, Vol. 2, Nomor 1, Januari 2013

Rafiqah, Mar’atur, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar”, dalam Jurnal Bimbingan Konseling Alibkin, Vol. 2, Nomor 2, Juli 2013. Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.