Implikasi Perilaku Religiusitas Siswa dengan Pembiasaan Hafalan Asmaul Husna pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Prambanan

Nashwa Umamy, Farid Setiawan, Sriiyana Sriiyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi perilaku religiusitas siswa melalui pembiasaan membaca Asmaul Husna di SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan observasi lapangan dan penelitian terhadap siswa kelas 8 sebagai total sampling. Fenomena kenakalan remaja dan kebutuhan pendidikan karakter religius menjadi latar belakang penelitian. Hasil analisis data menunjukkan mayoritas siswa menghafal Asmaul Husna dan rutin melaksanakan sholat serta pembiasaan lainnya. Kegiatan pembacaan Asmaul Husna berkontribusi pada pembentukan karakter religius siswa, sesuai dengan tujuan kurikulum sekolah. Penerapan pembiasaan dalam pengembangan karakter religius melalui pembacaan Asmaul Husna memainkan peran penting dalam mendukung nilai-nilai Islam dan membentuk perilaku positif siswa. Keterlibatan siswa, keberhasilan kurikulum, dan bimbingan guru memiliki dampak signifikan pada keberhasilan program pembiasaan ini. Oleh karena itu, aktivitas pembacaan Asmaul Husna berpotensi mendorong perilaku positif dan religius di kalangan siswa.

Keywords


Pembiasaan Religius, Asmaul Husna, Siswa

Full Text:

PDF

References


Isnaini, M., Wahyudi, W. E., & Syafe’i, I. (2021). Implikasi Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna Terhadap Perilaku Peserta Didik. Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 1(2), 166–185. https://doi.org/10.58573/tafahus.v1i2.18

Lutfiyah, D. A. (2022). Implikasi Pelaksanaan Zonasi Dalam Pemerataan Peserta Didik Baru Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus SMPN 1 Ngadiluwih). In IAIN Kediri (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Marlina, S. (2022). PENGARUH PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN ASH-SHOHABAH KABUPATEN BOGOR (Vol. 31).

Muna, N. I. (2020). PENINGKATAN PERILAKU KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA DI MTs NEGERI 1 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Vol. 21, Issue 1).

Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 63–82. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224


Refbacks

  • There are currently no refbacks.