Kolaborasi Guru BK Dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling

Ananda Rico Kresna Murti, Wina Apriyani

Abstract


Artikel ini di tulis untuk memberikan penjelasan bahwa kemungkinan menghadapi masalah, kegagalan bahkan tekanan psikologis, problematika yang menyangkut kehidupan siswa di lingkungan sekolah menjadi bagian dalam bertanggung jawab terhadap layanan bimbingan dan konseling. Untuk memecahkan dan mencapai tujuan mengentaskan permasalahan dan memenuhi kebutuhan siswa tidak hanya diberatkan kepada guru bimbingan dan konseling saja, akan tetapi kolaborasi atau kerja sama komponen pendidikan yang efektif akan mempermudah pencapaian tujuan pendidikan secara keseluruhan dengan baik. Hasil dari artikel ini memaparkan mengenai peran kolaborasi antar guru BK dengan guru mata pelajaran dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan yaitu studi literature. Dengan hasil pemaparan tentang konsep kerjasama atau kolaborasi yang baik antar komponen pendidikan dilingkungan sekolah terutama dengan guru yang mengajar mata pelajaran.

Keywords


Kolaborasi, Guru BK, Layanan Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Anriani, S. R., & Alam, A. S. P. (N.D.). Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa. 2.

Musyirifin, Z. (2016). Kolaborasi Guru Bk, Guru Pendidikan Agama Islam, Dan Wali Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Bermasalah Siswa. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 12(1), 1–19. Https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2015.121-03

Mutia, S. (N.D.). Pelaksanaanprogram Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah.

Rahmawati, N. R., Izazi, S. Z., Muna, N., Ni’mah, U., & Fawzi, T. (2020). Bentuk Kolaborasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran Dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik. 9(2).

Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi Kolaborasi Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. 1.

Redita Yuliawanti. (2019). The Collaborative Role Of Counselors In Inclusive Schools. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 68–74. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V4i1.84

Sandra, R. (2022). Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. 02(1).

Suroso, A. S., & Salehudin, M. (2021). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 44–55. Https://Doi.Org/10.31943/Jurnal_Risalah.V7i1.165

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V1i2.189

Young, A.A., Dkk. (2013). Enhancing School Counselor Instructional Leadership Through Collaborative Teaming:Implications For Principals. Nassp Buletin, Xx (X).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.