Analisis Peran Peraturan Sekolah dalam Menciptakan Budaya Kedisiplinan di Kalangan Siswa

Jihan Setyaning Amalia, Arif Budi Prasetya, Isapardi Isapardi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran mengenai peran peraturan sekolah dalam menciptakan budaya kedisiplinan siswa. Gaya penelitian kualitatif ini menggunakan metodologi observasional dan wawancara. Hasil ini menunjukkan bahwa peraturan sekolah mempunyai dampak besar terhadap disiplin anggota sekolah, khususnya anak-anak. Dalam pengertian ini, disiplin mengacu pada suatu metode dan serangkaian tindakan yang menunjukkan persyaratan untuk tunduk, patuh, dan tertib. Kedisiplinan di sekolah diperkirakan akan memberikan suasana belajar yang santai dan tenang.

Keywords


Peraturan, Sekolah, Budaya, Disiplin, Siswa

Full Text:

PDF

References


Amalia, Citra Nurul. 2021. “Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Siswa-Siswi MAN 1 Kabupaten Bogor.” Inspiratif Pendidikan 10 (1): 165–72.

Annisa, Fadillah. 2019. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 10 (1): 69–74.

Curvin, R. L., and A. N. Mindler. 1999. Association For Supervision And Curriculum Development. Discipline With Dignity: USA.

Guntur, Neli Amalia. 2018. “Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Disiplin Anak Di Desa Kalimporo Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.” FIS.

Hidayatullah, M. Furqon, and Muhammad Rohmadi. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka.

Kirschenbaum, Howard. 1995. 100 Ways To Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. ERIC.

Koten, Hildegardis Inang. 2022. “MEMBANGUN BUDAYA DISIPLIN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA.” JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan Dan Budaya 3 (1): 105–9.

Malihah, Cucu. 2019. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Dalam Beribadah Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyah AlKhairiyah Pipitan.” UIN SMH BANTEN.

Masruroh, Siti. 2012. “Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 4 Surakarta Semester Satu Tahun 2011/2012.” Majalah Ilmiah Pembelajaran, no. 1.

Nucci, Larry, and Darcia Narvaez. 2008. “Smart & Good Schools: A New Paradigm for High School Character Education.” In Handbook of Moral and Character Education, 386–406. Routledge.

Putra, Aji Widya, Suyahman Suyahman, and Tri Sutrisno. 2019. “Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020.” Civics Education and Social Science Journal (Cessj) 1 (1).

Samani, Muchlas, and M. S. Hariyanto. 2011. “Konsep Dan Model Pendidikan Karakter.” Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sandrawati, Indira. 2016. “Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa Dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo.” Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 10 (2): 245–60.

Sheldon, Steven B., and Joyce L. Epstein. 2002. “Improving Student Behavior and School Discipline with Family and Community Involvement.” Education and Urban Society 35 (1): 4–26.

Shoimah, Lailatus, Sulthoni Sulthoni, and Yerry Soepriyanto. 2018. “Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 1 (2): 169–75.

Sobri, Muhammad, Nursaptini Nursaptini, Arif Widodo, and Deni Sutisna. 2019a. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6 (1): 61–71.

———. 2019b. “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 6 (1): 61–71.

Sudrajat, Ajat, and Ari Wibowo. 2013. “Pembentukan Karakter Terpuji Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur.” Jurnal Pendidikan Karakter 4 (2).

Walker, Lawrence J. 1999. “The Family Context for Moral Development.” Journal of Moral Education 28 (3): 261–64.

Wiyani, Novan Ardy. 2018. “Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management: Konsep Dan Aplikasi Di Sekolah.” (No Title).

Wulandari, Yeni, and Muhammad Kristiawan. 2017. “Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2 (2): 290–302.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, and Dasim Budimansyah. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 33 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.