Pengembangan Media Poster untuk Mencegah Kecanduan Game Online

Lynn Utyasalma Paslah, Akhmad Fajar Prasetya, Titi Anjasari

Abstract


Pesatnya perkembangan internet sekarang menyediakan penawaran-penawaran yang menarik di kalangan remaja, banyak sekali remaja yang menggunakan internet sebagai hiburan, salah satu hiburan tersebut ialah game online. Pengaruh dari teman sebaya dan lingkungan yang kurang terkontrol menjadi salah satu penyebab dari kecanduan game online pada kalangan remaja saat ini. Tujuan dari artikel ini ialah untuk mencegah remaja dari pengaruh buruk terhadap kecanduan game online di SMP Muhammadiyah 1 Mlati kelas VII. Metode yang digunakan yaitu research and development (R&D). Dari artikel penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya masih banyak remaja yang belum mengetahui dan sadar mengenai bahaya game online. Game online dapat memberikan dampak yang buruk ketika individu tidak dapat menggunakannya dengan baik, baik dari segi akademik, perilaku, social, control waktu, finansial, Kesehatan, dan juga fungsi kehidupan yang penting lainnya.

Keywords


Media Poster, Kecanduan, Game Online.

Full Text:

PDF

References


Angrum, Nada Yulisa Dyah (2023), Pengembangan media permainan ular tangga dalam bimbingan kelompok tentang bahaya kecanduan game online pada siswa kelas IX di SMAN 4 Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.

Diana (2022), Pengembangan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.

Rahmawati, Novita, (2023), Pengembangan Media Video Animasi Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Kecanduan Game Online Di SMAN 1 Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.

Indrawijaya, Setiawan (2021), Pengambangan Media Komik Strip Dalam Bimbingan Kelompok Tentang Pemahaman Dampak Negatif Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Godean, Universitas Ahmad Dahlan.

Widiyastuti, W. S. (2023). Penggunaan Media Poster Dalam Layanan Bimbingan Konseling Untuk Membantu Peserta Didik Merencanakan Karir. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 49-55.

Narasati, A. Z. A., Ningdyastuti, R., & Maulia, D. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Poster Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas X Tata Boga SMKN Kebasen pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4177-4184.

Ariandhini, E., & Anugraheni, I. (2022). Pengembangan media video animasi berbasis animaker untuk meningkatkan hasil belajar materi puisi mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(3), 242-252.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja: Dampak dan pencegahannya. Buletin psikologi, 27(2), 148-158.

Wiguna, G. Y., & Herdiyanto, Y. K. (2018). Coping pada Remaja yang Kecanduan Bermain Game Online. Jurnal Psikologi Udayana, 5(2), 450Astuti.

Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan game online: penanganannya dalam konseling individual. Guidance, 17(02), 9-20.

Fadillah, F. A., & Iqbal, M. (2019). Poster Kecanduan Game terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Desain, 7(1), 38-48.

Fauri, A., & Almadeo, J. (2020). Poster Mengatasi Kecanduan Game Mobile Pada Generasi Masa kini. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 2(03), 150-158.

Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).

Ramadhan, Z. A. (2021). Adiksi Game Online dan Perilaku Menyimpang Remaja. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 5(2), 93-104.

Harahap, A. C. P., Halim, A., Ilmi, A. A., Panggabean, M. D. P., Azizah, N., & Yanda, R. A. (2023). Analisis Kecanduan Game Online Pada Siswa Dan Strategi Guru Bk Dalam Pemberian Layanan Bk. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1354-1364.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.