Implementasi Pendidikan Al Quran Hadits dalam Pembentukan Generasi Unggul di Smp Muhammadiyah Bantul

Nur Siti Aulia, Sutipyo Ru'iya, Zidni Azhar Hasbian

Abstract


Tujuan dari riset ini yaitu untuk mengenali bagaimana pelaksanaan pendidikan Al Quran Hadits dalam membentuk generasi unggul di SMP Muhammadiyah Bantul. Metode yang digunakan dalam riset ini adalah kualitatif dengan jenis naratif. Metode pengumpulan informasi yang digunakan ialah memakai metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari riset ini menampilkan bahwa: pelaksanaan pendidikan Al Quran Hadits dalam membentuk generasi unggul di SMP Muhammadiyah Bantul terdapat keterkaitan yang dicantumkan ke dalam visi misi dan tujuan sekolah. Berikutnya dalam kegiatan intrakurikuler dicantumkan pada silabus yang didukung oleh program sekolah yang berbentuk aktivitas seperti sholat berjamaah di masjid, kultum, tahsin, sholat dhuha, tahfidz Al Quran, dan gerakan infak tiap hari Jumat. Tidak hanya itu, pada kegiatan ekstrakurikuler semacam Hizbul Wathan (HW), tapak suci, seni tari, dan TPA yang senantiasa diawali dengan membaca basmallah dan doa, memberikan keteladanan, dan pakaian yang dipergunakan wajib sopan serta menutup aurat.

Keywords


Implementasi, Pendidikan Al-Quran Hadist, Generasi Unggul

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. PT. Refika Aditama.

Nahwawi, A. a.-R. (1995). Pendidikan Islam Di Rumah, Sekolah, Dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional.

Heywood, D. (2013). Educating Ministers of Character. Journal of Adult Theological Education, 10(1), 4–24.

Abrianto, D., Rudi Setiawan, H., & Fuadi, A. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadits di MTs. Swasta Teladan Gebang Kab. Langkat. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 283–298. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i2.2490

Ru’iya, S., Akhmad, F., Putwiyani, D., & Sulistiawan, A. (2021). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Inklusi Di Yogyakarta. Al-Manar, 10(1), 70–90. https://doi.org/10.36668/jal.v10i1.240

Khorofi, M. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial: Upaya Mewujudkan Generasi Unggul Dengan Nilai-Nilai Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(14), 10–27.

Hidayat, Y. (2015). Pendidikan dalam Ibnu Khaldun. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 12–22.

Ru’iya, S., & Masduki, Y. (2022). Model Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Sistem Pendidikan Daring Di Masa Covid-19. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 86–100. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27816

S, P. (2022). Rekonstruksi Peran Guru dalam Pendidikan Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2473–2484. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.713


Refbacks

  • There are currently no refbacks.