Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Terhadap Penguatan Karakter Peserta Didik pada SMP Unggulan Aisyiyah Bantul Yogyakarta

Qo-Idah Ariq Pangesti, Arif Rahman, Pudyas Tataquna Raniya

Abstract


Artikel ini akan mengulas secara lebih mendalam mengenai penerapan program Sekolah Ramah Anak dalam memperkuat karakter peserta didik, terutama di SMP Unggulan Aisyiyah Bantul. Selain itu, artikel ini akan menganalisis secara rinci tindakan konkret yang dilakukan oleh sekolah ini, strategi yang diterapkan, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam mengimplementasikan konsep sekolah ramah anak untuk pembentukan karakter siswa. Penelitian ini dijalankan menggunakan metode kualitatif. SMP Unggulan Aisyiyah merupakan lembaga pendidikan yang telah menerapkan tindakan konkret dalam menerapkan Program Sekolah Ramah Anak. Salah satu aspek yang menjadi fokus utama dalam pelaksanaan ini adalah penguatan karakter para siswa. Melalui program ini, SMP Unggulan Aisyiyah memberikan perhatian khusus untuk membentuk siswa yang memiliki karakter kuat, dan sekolah berupaya menerapkan disiplin dan sikap sopan santun. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, dan mendukung perkembangan holistik siswa. Pendidikan yang ramah anak dilakukan secara kontinu setiap harinya, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun melalui pembelajaran eksternal dengan fokus pada pengembangan karakter siswa.

Keywords


Sekolah Ramah Anak, Pendidikan Karakter, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Hardhienata, S., & Retnowati, R. (2019). EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK. Jakad Media Publishing.

Iskandar, U. (2015). Pengertian dan Standar Sekolah Sehat, Aman, Ramah Anak, dan Menyenangkan.

Machali, I. (2011). Muhajir, Pendidikan Karakter Pengalaman Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Aura Pustaka.

NAZARUDIN, J. T., ZAINURI, A., RAHAYU, E. L. Y. T., & KARO, A. A. P. K. (2020). Student Mental Health Character in Covid-19 Situation. International Journal of Pharmaceutical Research, 12(4).

Rosalin, L. N. (2015). Panduan sekolah ramah anak.

Rahman, A. (2016, October). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 75-88.

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.