Pengaruh Konseling Individual terhadap Korban Bullying Peserta Didik

Pramardiyanti Fitriana, Aprilia Setyowati, Samsi Kusumaning Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah pengaruh layanan konseling individu dalam mengatasi korban bullying pada peserta didik. Konseling individual merupakan layanan dalam memberikan bantuan secara profesional oleh seorang konselor yang memiliki masalah tertentu melalui hubungan yang khusus dan langsung, dengan harapan agar klien dapat memahami dirinya lebih, mengubah perilaku, meningkatkan kualitas pribadinya sejalan dengan keputusan yang diambil serta memberikan kontribusi dalam mengatasi hambatan yang muncul sehingga hambatan tersebut dapat terselesaikan. Dari fakta yang ada, dapat dilihat bahwa ada berbagai alasan mengapa peserta didik menjadi korban bullying. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan bagi peserta didik korban bullying. Metode yang digunakan adalah metode literature review. Pelaksanaan layanan konseling individu diharapkan dapat memberikan dampak positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan korban bullying sebelum mendapat layanan konseling individu sangat trauma kemudian setelah mendapat layanan konseling individu termotivasi untuk berubah. Dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu efektif diterapkan.

Keywords


Perilaku, Bullying, Siswa

Full Text:

PDF

References


Hasanah, S., & Sano, A. (2020). Peer Conformity and Students Bullying Behavior and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(2).

Mardiah. (2023). Meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying melalui konseling individual rational emotif behaviour. Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 184–203.

Melati, A. D., Fatimah, S., & Manuardi, A. R. (2022). Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Menangani Kecemasan Sosial Korban Bullying. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(3), 200. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i3.8642

Pratiwi, V. (2023). Penerapan Konseling Individu Dengan Pendekatan Humanistik Dalam Mengatasi Insecure (Studi Kasus Korban Bullying Klien “G”). Journal of Society Counseling, 1(1), 12–16.

Saputra, T. A., & Amnar, Z. (2022). Konseling Individual untuk meningkatkan konsep diri korban Bullying di Sekolah. Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2(02), 156–167. https://doi.org/10.32923/couns.v2i02.2818


Refbacks

  • There are currently no refbacks.