Implementasi Nilai Hak Dan Kewajiban Siswa Pada Pembelajaran Pancasila Melalui Media Animasi Audio Visual Nusa Dan Rara Di Kelas IV SD Muhammadiyah Bantul Kota

Irma Dwi Kuswijayanti, Nurulfadillah Nurulfadillah, Dellarose Jayanti, Nurul Hidayati Rofiah, Hariyani Hariyani

Abstract


Penelitian ini didasari karena melihat proses pembelajaran yang  digunakan cukup monoton, dengan sumber yang digunakan lebih  banyak dari buku dan guru, tanpa adanya pembelajaran yang  bervariasi untuk peserta didik selama proses belajar. Dengan ini  peneliti menyadari perlu adanya media melalui gambar atau video  untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap  implementasi nilai hak dan kewajiban selama proses pembelajaran.  Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu  menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis data studi kasus,  dan data dapat diperoleh dengan melakukan sebuah wawancara dan  observasi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Teknik  analisis sebuah data dapat dilakukan dengan cara observasi atau  mengamati secara langsung di dalam kelas. Hasil penelitian  menunjukan bahwa implementasi nilai hak dan kewajiban melalui  animasi Nusa dan Rara melalui media audio visual berhasil  memberi gambaran, dan meningkatkan motivasi belajar peserta  didik terkait pelaksanaan hak dan kewajiban di rumah dan di  sekolah. Dengan animasi ini maka peserta didik memiliki gambaran  dan dapat menerapkan langsung terkait hak dan kewajiban anak di  rumah dan di sekolah dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Audio visual, kognitif, implementasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.