Implementasi Nilai Hak Dan Kewajiban Siswa Pada Pembelajaran Pancasila Melalui Media Animasi Audio Visual Nusa Dan Rara Di Kelas IV SD Muhammadiyah Bantul Kota
Abstract
Penelitian ini didasari karena melihat proses pembelajaran yang digunakan cukup monoton, dengan sumber yang digunakan lebih banyak dari buku dan guru, tanpa adanya pembelajaran yang bervariasi untuk peserta didik selama proses belajar. Dengan ini peneliti menyadari perlu adanya media melalui gambar atau video untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap implementasi nilai hak dan kewajiban selama proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis data studi kasus, dan data dapat diperoleh dengan melakukan sebuah wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik. Teknik analisis sebuah data dapat dilakukan dengan cara observasi atau mengamati secara langsung di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi nilai hak dan kewajiban melalui animasi Nusa dan Rara melalui media audio visual berhasil memberi gambaran, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik terkait pelaksanaan hak dan kewajiban di rumah dan di sekolah. Dengan animasi ini maka peserta didik memiliki gambaran dan dapat menerapkan langsung terkait hak dan kewajiban anak di rumah dan di sekolah dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
Audio visual, kognitif, implementasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.