Implementasi Pembentukan Kedisiplinan Siswa SD Muhamadiyah Bodon Melalui Metode Pembelajaran Interaktif

Juni Zanti, Nur Safira, Leny Dwi Puspa Aprilia, Mukti Sintawati, Teguh Widiarto

Abstract


Abstrak

Kedisiplinan siswa adalah satu faktor kunci dalam mencapai  tujuan pendidikan yang sukses. Artikel ini mengulas studi tentang  implementasi metode pembelajaran interaktif di SD Muhammadiyah  Bodon sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.  Metode ini melibatkan pendekatan yang aktif dan kolaboratif bagi  perkembangan akademik dan sosial siswa. kedisiplinan merupakan  salah satu aspek penting dalam pendidikan, terutama di tingkat dasar  seperti Sekolah Dasar (SD). kedisiplinan siswa adalah fondasi untuk  menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan harmonis. oleh  karena itu, artikel ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi  pembentukan kedisiplinan siswa di SD Muhammadiyah Bodon  melalui metode pembelajaran yang interaktif. Dalam artikel ini, kami menjelaskan latar belakang dan motivasi  sekolah untuk mengadopsi metode pembelajaran interaktif. Kami  juga menguraikan strategi yang digunakan dalam pelatihan guru  untuk memahami dan mengimplementasikan metode ini dengan  efektif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan  dalam kedisiplinan siswa setelah penerapan metode interaktif, yang  tercerminkan dalam partisipasi aktif, kolaborasi, dan perbaikan  perilaku siswa. Artikel ini menyajikan bukti tentang keberhasilan  implementasi metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan  kedisiplinan siswa di SD Muhammadiyah Bodon. Temuan ini dapat  menjadi pedoman bagi sekolah-sekolah lain yang berupaya  meningkatkan kedisiplinan siswa melalui pendekatan pembelajaran  yang lebih interaktif. Kedisiplinan siswa yang baik adalah landasan  penting dalam mencapai prestasi akademik yang lebih baik dan  persiapan mereka untuk masa depan.


Keywords


Disiplin; Metode Pembelajaran; Interaktif

Full Text:

PDF

References


Sahabsari, A., & Suwanda, I. M. (2022). Strategi Guru Ppkn Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 16 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 196-210.

Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3 Rejosari kabupaten Oku Timur. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 229-243.

Wahab, J. (2022). Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 351-362.

Adisel, A., Suryati, S., Rahyu, V. A., Widiyawati, W., Melinda, M., Juniarti, M. D. T., ... & Orsidia, A. (2021).

Purwanti, E., YANTORO, Y., & PAMELA, I. S. (2020). Kedisiplinan siswa di sekolah dasar. Adi

Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 112-117.

Putra, H. M. (2020). Perilaku kedisiplinan siswa dilihat dari etika belajar di dalam kelas. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.

Putra, A. W., Suyahman, S., & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 1(1).

Utami, A. D. D., Marini, A., Nurcholida, N., & Sabanil, S. (2022). Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6855-6865.

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.

Lumbantoruan, L., Widiastuti, W., & Tangkin, W. P. (2021). Penerapan rules and procedures untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(2), 546-553.

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16-28.

Najmuddin, N., Fauzi, F., & Ikhwani, I. (2019). Program kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah: Studi kasus di dayah terpadu (boarding school) sma babul maghfirah aceh besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02),

-206.

HAMLI, F. U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kedisiplinan pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO).

Zahra, A., Andara, S., Aisy, Z. I. R., & Rostika, D. (2023). Menanamkan Kedisiplinan pada Siswa SD Melalui Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kelas 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5494-5498.

Nayla, N. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan pada Siswa SDN 28 Bisang. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 79-86.

Atmajaya, D. (2017). Implementasi augmented reality untuk pembelajaran interaktif. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(2), 227-232.

Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9-16.

Wibowo, E. J. (2013, March). Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV. In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer (Vol. 2, No. 1).

Pambudi, S., Rezkita, S., & Purwaningsih, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penggunaan Media Power Point Interaktif. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 2(2), 124-131.

Rido, A., Kudus, A., & Hibatullah, H. (2020). Analisis Manajemen Pembelajaran dan Kedisiplinan Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik. Tarbiyatu wa Ta'lim, 2(1), 14-34.

Rusmawati, V. (2013). Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan disiplin kerja guru pada SDN 018 Balikpapan. Jurnal Administrasi Negara, 1(2), 1-19.

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5-7.

Kasih, R. C. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 10(4).

Huninhatu, A. F., Pudjiastuti, S. R., & Sutisna, M. (2021). Pengembangan Model Numbered Heads Together Secara Daring dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila dan Pembentukan Karakter Disiplin. Jurnal Citizenship Virtues, 1(1), 35-41.

Lestari, T. A. (2017). PERAN GURU PPKn DALAM UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Kelas X SMK Negri 1 Rengasdengklok) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 43-56.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 137-145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.