Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas I Melalui Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di MIM Semanu

Mayda Kusumaningtyas, Arum Titi Nurani, Afnan Subekti, Raden Wisnu Wijaya Dewojati, Danang Tri Fauzi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaanmodel pembelajaran kooperatif, khususnya pendekatan TeamGames Tournament (TGT), dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitianini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan melibatkan 20 siswa Team Games Tournament (TGT) dari kelas 1B di MI Muhammadiyah Semanu. Fokus penelitian ini adalah pada minat siswa dalam belajar bahasa Indonesia. Para peserta dibagi menjadi empat kelompok dan terlibat dalam permainan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa di setiap kelompok mampu memberikan jawaban yang benar, dengan hanya sedikit perbedaan yang terlihat antara kelompok 1 dan 2. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan efektif dalam konteks pembelajaran. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) memiliki dampak yang signifikan dalam menumbuhkan minat belajar siswa.

Keywords


Minat belajar, Team Games Tournament (TGT), Pembelajaran kooperatif

Full Text:

PDF

References


Ayuni, Z. (n.d.). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.

Cikka, H., & Iksan Kahar, M. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi DanMinatBelajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi PembelajaranTatapMuka Di Masa Pandemi Covid 19. 4(2), 9–18.

Riski Nugroho, D. S., Jasmani, P., Rekreasi, dan, Ilmu Keolahragaan, F., Negeri Surabaya, U., &Rachman T S, A. S. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe(TeamGames Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) Tgt Terhadap Motivasi SiswaMengikutiPembelajaran Bolavoli Di Kelas X Sman 1 Panggul Kabupaten Trenggalek.

Sukma, H. H. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca PesertaDidikDi Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 11 20.https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13200

Tahir, H. (n.d.). Jec (Jurnal Edukasi Cendikia) Strategi Guru Dalam MeningkatkanMinatBelajar Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Kaledupa. Https://Www.Jurnal-Umbuton.Ac.Id/Index.Php/Jec


Refbacks

  • There are currently no refbacks.