Studi Deskriptif Tentang Kematangan Emosi Pada Siswa Kelas X DPB Di SMK Muhammadiyah Gamping Tahun Ajaran 2023/2024

Laili Rakhma Aidhina, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo, Witri Nur Fitria

Abstract


Kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kematangan emosi pada siswa terutama pada siswa kelas X DPB di SMK Muhammadiyah Gamping tahun ajaran 2023/2024. Dengan menggunakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan hasil yang didapat dari AKPD SMA tersebut. Pada masa remaja, kontrol emosi belum dapat dekendalikan disebabkan berbagai faktor terutama lingkungan. Hasil dari kajian penelitian menyatakan permasalahan tingkat kematangan emosi yang ada dalam siswa masih tinggi yaitu 93,3% sehingga perlu upaya yang harus dilakukan agar emosional yang ada pada setiap siswa kelas tersebut menjadi lebih stabil, penyebab dari rendahnya dalam mengontrol emosi pada siswa dapat disebabkan dari faktor internal maupun eksternal.

Keywords


Emosional, Lingkungan, Kepribadian

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2017). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Fajarina, A. (2022). Pencapaian Kematangan Emosi Pada Siswa Kelas XII Man 2 Bojonegoro. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume VI, Nomor 1, Mei 2022.

Goleman, D. (2017). Kecerdasan Emosi Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: P.T Gramedia Pustaka Utama.

Halik, A., Helwa, A., & Ramadhani, A. (2022). Penerapan Teknik Expressive Writing Langkah Membantu Siswa Mengelola Emosi. Semanggi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Volume 1 Nomor 02, Oktober 2022.

Hurlock, E. (2016). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Ramdani, D., Supriatna, E.,& Yuliani, Wiwin. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Angket Kematangan Emosi. Fokus, Volume 6, No. 3, Mei 2023.

Rosyada, Dede. (2023). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Srivastava, K. S. (2016). Applied and Community Psychology. Study Habbit and Emotional Maturity of Under-Graduate and

PostGraduate (Ed.). New Delhi: Sarup and Sons.

Ulima, T. S. (2023). Hubungan Antara Tingkat Keharmonisan Keluarga Dan Kematangan Emosi Siswa Kelas VIII Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pematangsiantar Semester Genap T.P.2019/2020. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 4, Nomor 2, April 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.