Layanan BK melalui Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 9B SMP Negeri 4 Sewon

Siti Nur Asih, Hardi Santosa, Ratri Kusumastuti

Abstract


Layanan yang guru BK berikan tentunya harus dapat diterima baik oleh peserta didik,oleh karena itu guru BK harus dapat mendesain layanan agar menarik dan membuat peserta didik antusias dalam mengikuti layanan yang diberikan sehingga layanan dapat berjalan dengan efektif. Ice breaking juga salah satu metode yang dapat digunakan untuk dapat membantu guru agar dapat membuat siswa memiliki motivasi belajar dan membuat siswa kembali aktif dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengoptimalkan penggunaan ice breaking pada layanan BK untuk mengatasi masalah siswa dalam proses pembelajaran agar dapat termotivasi lagi dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas 9B SMP Negeri 4 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu kegiatan dalam kegiatan pembelajaran saat sebelum menggunakan ice breaking dan saat sesudah menggunakan ice breaking pada siswa SMP Negeri 4 Sewon.

Keywords


Bimbingan dan Konseling, Ice Breaking, Motivasi, Belajar

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 8(1), 75-85.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173. Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Muharrir, M. (2022). Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.

Puspawati, G. A. M., & Karismanata, G. M. (2023). Penerapan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Budaya Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN, 1(2), 81-85.

RINDA, A. S. (2021). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Daring Melalui Teknik Ice Breaking Pada Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugih


Refbacks

  • There are currently no refbacks.