Strategi Meningkatkan Minat Baca di Kelas 4-6 melalui Bimbingan dan Konseling yang Efektif

Tiara Afnaita, Panca Dewi Purwanti

Abstract


Strategi peningkatan minat baca siswa kelas 4-6 melalui penyuluhan yang efektif adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama dalam menunjang keberhasilan program pendidikan nasional yang menjadikan kehidupan lebih cerdas. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dimana data diperoleh dengan menggunakan tinjauan pustaka. Penelitian tinjauan pustaka adalah penelitian yang dilakukan dengan cara menganalisis karya tulis atau jurnal yang diterbitkan atau diterbitkan. Penelitian ini menghasilkan beberapa strategi yang dapat dijelaskan yaitu melaksanakan konseling kelompok dengan pendekatan realita dan meningkatkan minat membaca siswa khususnya di kelas 4-5 yaitu lingkungan fisik sekolah, lingkungan afektif dan sosial, serta lingkungan akademik.

Keywords


Minat Baca, Bimbingan dan Konseling, Bimbingan

Full Text:

PDF

References


Adelia Trinita. 2022. Peran Guru Dalam Mengembangkan Minat Membaca Pada Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 4 Gedong.

Lukitaningsih, Dra Retno, Drs Eko Darminto, And M Si. “Penerapan Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik.”: 1–13.

Safitri, Faradilha. 2022. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas Iv Melalui Program Literasi Di Mi Ma’ Arif Nu Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (Uin) Prof. Kh.” Upaya Meningkatkan, Gerakan Literasi Sekolah, Mi Ma’arif Nu Ajibarang Kulon.

Sari, Indah. 2020. Upaya Guru Bk Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Pada Peserta Didik Kelas Viii Di Mts N 1 Langkat Bimbingan Konseling Islam Upaya Guru Bk Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Pada Peserta Didik Kelas Viii Di Mts N 1 Langkat.

Tafonao, Otilina. 2023. “Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Perpustakaan The Effectiveness Of Group Tutoring Services In Increasing Student’s Reading Interest In The Library Smp Negeri 3 One Stop Umbunasi T. P 2022 / 2023.” 3(1): 57–71.

Wahyuni, Sri et al. 2022. “Upaya Guru BK Meningkatkan Minat Baca Peserta didik Di SMP N 4 Bukittinggi.” 6: 13341–47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.