Pengaruh Program Ekstrakurikuler Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Peningkatan Keterampilan Teknologi Peserta Didik di Sekolah Dasar Muhammadiyah Bleber

Aditya Gilang Firmansyah, Ragil Dian Purnama Putri, Tisa Avanti

Abstract


 Dalam era digital yang semakin berkembang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi keterampilan yang penting bagi peserta didik di segala tingkatan pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak dari programekstrakurikuler TIK dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknologi pesertadidik pada tingkat dasar. Metode penelitian menggunakan data kualitatif terhadap peserta didikyang mengikuti program ekstrakurikuler TIK dan penanggung jawab ekstrakurikuler TIK.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ekstrakurikuler TIK memiliki dampakpositif terhadap peningkatan keterampilan teknologi peserta didik di Sekolah DasarMuhammadiyah Bleber. Peserta didik yang mengikuti program ini mengalami peningkatandalam pemahaman konsep dasar teknologi informasi, penggunaan perangkat lunak, danmemahami Ms Word, Ms excel dan PPT. Kesimpulannya, artikel ini menunjukkan bahwaprogram ekstrakurikuler TIK memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkanketerampilan teknologi peserta didik di tingkat Sekolah Dasar. Implikasi dari penelitian ini dapat memberikan dorongan bagi institusi pendidikan untuk mempertimbangkan integrasi lebih lanjut dari program-program serupa dalam kurikulum formal guna mempersiapkan peserta didik dengan lebih baik dalam menghadapi tuntutan teknologi masa depan.

Keywords


Ekstrakurikuler, TIK, Peserta Didik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Euis, M. (n.d.). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa.

Husna , Y., & Muhamad, S. (n.d.). Implementsi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media Penunjang Pembelajaran.

Ichtiarini, R. (2013). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Negeri Minomartani 1 Sleman.

Intan, A. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling.

Istiyanti, S. (n.d.). Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran.

Mar'atul, A. (2018). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Multimedia Sebagai Penunjang Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD Muhammadiyah

Condongcatur Yogyakarta.

Nur, A., Rika, D., Mila , K., & Adyanata, L. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis TIK di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Pacdagogia.

Reza, R., Bahaudin, A., Wahyu, S., & Susi, H. (2021). Media Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PKM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati.

Sri, L. (n.d.). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan TIK Oleh Guru.

Suci, Z. D., & Irfan, H. (2018). Penggunaan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.