Strategi Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran dengan Nilai-Nilai Keislaman di SD Muhammadiyah Semingin

Eri Hartono, Vera Yuli Erviana, Siti Nurjanah

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Dengan Nilai-Nilai Keislaman di SD Muhammadiyah Semingin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode yang digunakan, yang dimana metode kualitatif ini berfungsi untuk memperoleh data temuan populasi yang lebih luas. Data informasi yang diperoleh dapat berupa teks atau kata-kata yang kemudian dianalisis. Tujuan penelitian ini guna mengetahui bagaimana strategi yang dipakai pendidik guna meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui nilai-nilai keislaman di SD Muhammadiyah Semingin. Hasil penelitian ini siswa di SD Muhammadiyah Semingin dalam pembelajaran ditanamkan nilai-nilai keislaman dalam pendidikan, sehingga membantu siswa mengembangkan karakter unggul, keterampilan sosial, dan pengenalan yang mendalam tentang tujuan hidup mereka serta dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam pada pembelajaran, pendidikan tidak cuma tentang mentransfer informasi, namun juga tentang membentuk individu yang memiliki akhlak terpuji dan berkontribusi positif bagi dunia. 

Keywords


Nilai nilai keislaman, Efektivitas pembelajaran, tantangan di era sekarang

Full Text:

PDF

References


Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 51-62.

Ali, N. D. (2015). Tantangan Bagi Guru Pendidikan Agama Islam Menerapkan Konsep Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(1), 19-38.

Azizeh, S. N. (2021). Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 88-114.

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131-147.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2).

Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan guru dalam meningkatan mutu pendidikan agama Islam di era milenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246-265.

Farihah, I., & Nurani, I. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Skema Hidden Curriculum Di Mts Nurul Huda Medini Demak. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 213-234.

Fauziyah, R. N. (2021). Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN X Astanaanyar Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 120-126.

Indonesia, K. A. (2022, Mar Friday). Siswa Kelas VI MIN 2 Muara Enim Baca Surat Pendek Dan Asmaul Husna Sebelum Memulai Pelajaran.

Kusnandi, K. (2017). Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5(2), 279-297

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Rosyad, A. M., & Maarif, M. A. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi Dan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Di Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75-99.

Sayska, D. S. (2017). Implementasi Nilai Religius Dalam Pendidikan Karakter Berbasissunnah Rasulullah. Hijri, 6(2).

Taja, N., & Aziz, H. (2016). Mengintegrasikan nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 39-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.