Penerapan Ice Breaking dalam Minat Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Pakem

Faaza Pitaloka Zein, Asih Mardati, Nur Rohmah Ashanti

Abstract


Rasa bosan yang banyak dirasakan oleh peserta didik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran berlangsung memang sering terjadi dan membuat minat belajar menjadi berkurang, terutama di kelas bawah (1-3). Untuk mengatasi rasa bosan atau meningkatkan minat belajar kembali, guru dapat menggunakan strategi ice breaking. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi ice breaking pada peserta didik terutama di kelas bawah. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data diantaranya wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan ice breaking memberikan pengaruh pada  minat belajar peserta didik di dalam kegiatan pembelajaran. Penggunaan strategi ini membuat peserta didik menjadi kembali termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Keywords


Ice breaking; Minat belajar.

Full Text:

PDF

References


Devi, D. A. P. P. S., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2022). Pengaruh penerapan ice breaking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 240-247.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324-1330.

Lexy J Moleong, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013), 5.

Marzatifa, L., Agustina, M., & Inayatillah, I. (2021). Ice breaking: Implementasi, manfaat dan kendalanya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 162-171.

Prayuda, Ikhsan Candra, et al. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4.1: 1-5.

Rawung, I. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif Bagi Guru Sekolah Dasar dI SD GKST II Poso Kota Utara. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.